Peringati Hari Santri, Imam Ratrioso Bagikan 1.000 Peci Hitam ke Masyarakat

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Momentum Hari Santri Nasional yang jatuh pada hari ini, Sabtu 22 Oktober 2022, disambut gembira oleh para santri dan seluruh masyarakat Indonesia.


Foto : Santri yang juga bacaleg Partai Nasdem Dapil Jakarta 1, Imam Ratrioso membagikan 1.000 peci hitam kepada masyarakat Duren Sawit, Jakarta Timur pada Sabtu, 22 Oktober 2022 (istimewa).

Hal ini juga direspon oleh bacaleg Partai Nasdem Dapil Jakarta 1, Imam Ratrioso yang memaknai hari santri sebagai semangat juang santri sebagai komponen penting Bangsa Indonesia melalui berbagi 1.000 peci hitam kepada masyarakat Duren Sawit, Jakarta Timur.


Alasannya membagikan peci hitam karena sebagai salah satu simbol identitas dan kepribadian Bangsa Indonesia sejak zaman awal kemerdekaan.


“Hari Santri dimaknai sebagai hari dimana santri merupakan komponen penting bangsa yang turut berjuang dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia,” ujar Ratrioso di kawasan simpang lampu merah Duren Sawit, Jakarta Timur pada Sabtu (22/10/2022).


Dirinya mengkisahkan bagaimana peci menjadi simbol identitas sejak awal kemerdekaan.


“Kalau menelisik sejarah awal kemerdekaan, Bung Karno bersama aktivis kemerdekaan mencari simbol bangsa dan memilih peci, maka semua tokoh pada saat itu mengenakan peci berwarna hitam polos sampai di era saat ini” ucap Imam Ratrioso.


“Kesantrian dan keagamaan tidak bisa lepas dari konteks kebangsaan yang disimbolisasikan melalui peci hitam,” Imam.


Ia berharap peringatan hari santri tahun ini dapat menambah kecintaan kepada dunia santri dan Indonesia pada umumnya.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama