Tingkatkan Pengunjung, Pemko Medan Diminta Gelar Pasar Murah di Aksara Medan

MEDAN, suarapembaharuan.com - Pascadiresmikan Pasar Aksara baru oleh Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, Selasa 27 September 2022 siang, sebagian besar Pedagang eks Pasar Aksara Medan masih belum membuka kios dagangannya.


Pasar Aksara Baru Medan. edisimedan.com

Padahal Walikota Medan dan PUD Pasar telah mengimbau para pedagang untuk segera membuka kios nya sambil menunggu pemerintah daerah membuka dan membenahi akses jalan ke dan dari Pasar Aksara yang dijanjikan oleh Pemko Medan. 


Hanya terlihat beberapa pedagang yang membuka dagangannya, itupun mereka hanya buka beberapa hari saja. Setelah itu mereka tidak lagi berjualan karena merasa jenuh seharian menunggu dagangannya namun pengunjung tetap sepi. 


Menurut informasi dari para pedagang dan pantauan wartawan, faktor utama yang membuat sepi nya pengunjung ke Pasar Aksara adalah karena akses jalan ke dan dari Pasar Aksara masih sangat terbatas dan belum memadai. 


Selain itu, pedagang  juga mengeluhkan modal usaha, karena sudah 6 tahun lebih, sejak pasar aksara terbakar mereka tidak menetap berjualan dan sebagian pedagang ada yang beralih profesi sebagai driver gojek.  


Menyikapi persoalan ini, Ketua Serikat Tolong Menolong Pedagang Pasar ( STM-P2SI ) T. Sofy Anwar SH mengusulkan kepada Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan, Suwarno dan jajaran Direksi PUD Pasar untuk segera mencari alternatif solusi yang lebih konkrit, efektif dan solutif guna memancing pengunjung makin ramai masuk ke Pasar Aksara. 


Salah satu masukan solusinya adalah agar menggelar bazar dan pasar murah sambil menunggu Pemerintah Kota Medan bersama Pemerintah Deli Serdang membuka dan membenahi akses jalan dengan menyiapkan tenda-tenda dan manfaatkan tempat-tempat duduk di pelataran parkir Pasar Aksara.


Selain itu mengajak para pedagang baik pemilik kios Pasar Aksara maupun pedagang diluar pasar aksara untuk berjualan makanan, minuman, sembako, pakaian, dan lain-lain di tenda-tenda dan tempat-tempat duduk yang disiapkan oleh PUD Pasar Aksara. 


Selain itu, alternatif lainnya, menurut Sofy Pemko Medan untuk mengerahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berbelanja ke Pasar Aksara Baru dengan membuka pasar murah, bazar dan even-even hiburan lainnya, untuk memancing masyarakat untuk datang melihat dan membeli di pasar aksara baru ini.


"Uji coba hanya sifatnya sementara sampai pengunjung benar-benar ramai masuk ke aksara atau bila Pemko Medan dan Pemerintah Deliserdang telah membangun akses jalan yang memadai. Bila pengunjung makin ramai masuk ke aksara maka dengan sendirinya akan makin banyak pedagang yang akan membuka kios mereka masing-masing secara alami tanpa disuruh," kata Sofy. 


Sofy menambahkan, apabila pengunjung sudah makin ramai dan akses jalan sudah memadai dan dibenahi maka semua pedagang pasar aksara kembali berjualan di kios masing-masing. (rel/fra)


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama