Ini Dia 5 Cara Money Management Trading Kripto Secara Mudah!

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Sebagai seorang trader atau investor, manajemen resiko menjadi salah satu hal yang menentukan kesuksesan aktivitas trading, begitu pula dengan money management atau manajemen uang.




Dikutip dari Pintu Academy, arti money management adalah cara dan strategi menggunakan dan menyimpan uang yang dimiliki. Konsep ini diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan menghitung seberapa banyak uang yang boleh kamu belanjakan dan harus ditabung dari uang gaji bulanan yang kamu terima.


Sementara itu, money management trading adalah strategi yang dilakukan dengan tujuan menambah atau mengurangi ukuran posisi guna membatasi risiko sambil mencapai tingkat pertumbuhan sebesar mungkin dari akun trading.


Money management menjadi salah satu strategi yang sangat penting untuk trader. Sebagai seorang trader, kamu tidak bisa bersikap terlalu agresif maupun konservatif. Semakin kamu bersikap agresif, maka potensi kerugian juga akan semakin besar. Sebaliknya, semakin kamu bersikap konservatif maka akan sulit bagimu untuk mencapai tujuan keuangan yang telah kamu tetapkan.


Para trader, khususnya trader independen, umumnya menerapkan money management trading dengan tujuan memperoleh keuntungan sebanyak mungkin sambil meminimalkan tingkat risiko.


Money management dalam perencanaan trading memiliki tiga prinsip dasar sebagai berikut. Yakni, rencana perdagangan, stop loss order, dan hindari over trade.


Lebih lanjut, terdapat berbagai cara untuk menerapkan strategi money management. Namun, cara yang paling baik adalah dengan berpegang pada faktor risiko dan tingkat pengembalian atau dengan kata lain menyeimbangkan antara risiko dan keuntungan. Berikut ini adalah 5 cara money management yang dapat kamu terapkan dalam trading crypto, antara lain:


1. Aturan 2%

Aturan 2% dalam trading adalah salah satu jenis money management yang penerapannya berpegang pada pendekatan anti-martingale, yakni dengan cara meningkatkan ukuran posisi.


2. Fixed Fractional

Fixed fractional money management adalah cara money management yang dilakukan dengan cara memecah kontrak perdagangan ke dalam ukuran posisi yang telah ditetapkan setiap kali nilai kontrak mencapai jumlah tertentu.


3. Optimal F

Optimal F atau fraksi optimal adalah cara money management yang dikembangkan oleh Ralph Vince, seorang computer programmer yang telah menulis berbagai buku tentang trading plan dan money management.


4. Secure F

Berikutnya, secure F money management adalah model matematika yang dilakukan dengan cara memecah fraksi optimal dari serangkaian perdagangan. Cara ini pada dasarnya merupakan versi yang lebih aman dari optimal F. Sayangnya, meskipun penggunaan metode ini dapat mengelola risiko tidak terduga, namun tingkat pertumbuhannya tidak semaksimal metode optimal F.


5. Fixed Ratio

Terakhir, ada fixed ratio yang dikembangkan oleh Ryan Jones dan menjadi pendekatan yang sangat berbeda dalam konsep money management. Pasalnya, fixed ratio adalah cara melakukan money management yang berpegang pada keuntungan yang dihasilkan daripada ukuran posisi. Dalam penerapannya, fixed ratio menggunakan variabel yang disebut delta.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama