Ini Dia Peraih Gemilang Perpusnas 2022

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022 dari Perpustakaan Nasional. 


Foto: Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando (istimewa)

Malam pemberian penghargaan berlangung megah digelar di Integrity Convention Centre (ICC) Kemayoran, pada Senin malam, (14/11/2022). 


Mentan Syahrul dan Gubernur Khofifah bersanding bersama 23 penerima Nugra Jasa Dharma Pustaloka dari delapan kategori terbaik pada malam bertajuk Gemilang Perpustakaan Nasional. Kategori tersebut, antara lain kategori pejabat publik, tokoh masyarakat, pegiat literasi, media massa, jurnalis, pelestari naskah kuno, buku (pustaka) terbaik, dan lifetime achievement.


Penghargaan diberikan kepada insan dan instansi yang mendedikasikan upaya pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan serta menumbuhkembangkan budaya kegemaran membaca dan literasi di Indonesia.


Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menyampaikan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka bukan sekadar seremoni tetapi merupakan mandat Undang-undang dalam mencerdaskan anak bangsa.


"Kita terus berjuang bergerak maju untuk memajukan bangsa ini. Meletakkan pondasi kecerdasan dengan menghadirkan sebanyak informasi-informasi baru," lanjutnya.


Foto: Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando memberikan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022 kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk Kategori Lifetime Achievement di Integrity Convention Centre (ICC) Kemayoran, Senin (14/11/2022) malam. (istimewa)

Syarif menegaskan, budaya baca bangsa Indonesia tinggi. Namun, kekurangan bahan bacaan masih menjadi persoalan. Berdasarkan standar UNESCO idealnya tiap orang tiga buku baru tiap tahunnya.


"Faktanya di Indonesia 1 buku ditunggu 90 orang. Kita semua harus memahami betul masyarakat masih kurang bahan bacaan, belum lagi pemahaman literasi yang masih tidak merata," ungkapnya.


Di jelaskan, literasi merupakan kedalaman pengetahuan seseorang yang diimplementasikan untuk memproduksi barang dan jasa yang mampu bersaing dalam pasar global. 


"Di sinilah peran perpustakaan sebagai supporting untuk menyiapkan bahan bacaan minimal buku terapan atau life skill yang disesuaikan dengan dibutuhkan masyarakat," jelasnya.


Secara khusus, penghargaan lifetime achievement yang diraih oleh Gubernur Jawa Timur menjadi bukti kerja keras masyarakat Jawa Timur bersama-sama mewujudkan penguatan literasi dan budaya baca di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. 


Salah satunya dengan adanya mobil baca dan tenda ramah anak, sebagai bentuk trauma healing di pengungsian.


Di samping itu, tambah Khofifah, pihaknya kini tengah menggarap kitab kuno klasik atau Turos sebagai upaya pelestarian manuskrip. 


“Karena sudah berumur tua, Sebagian turos agak susah dibuka. Perlu jelly dari Jepang agar lembaran yang menempel bisa dibuka dan dibaca,” terang Khofifah. 


Bahkan, kami sudah merencanakan melakukan tukar menukar Turos dengan Perpustakaan Alexandria di Mesir, serta mengadakan pameran Turos di Mesir dan Riyadh, Arab Saudi,” jelas Khofifah.


Sementara itu, Menteri Pertanian Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang mendapat penghargaan menururkan penghargaan ini dapat memotivasi instansinya untuk selalu meningkatkan upaya pelestarian budaya baca dan peningkatan literasi, terutama pada literasi informasi pertanian.


“Apa yang kami lakukan tidak berhenti dengan adanya penghargaan ini. Kami siap bekerja sama dengan Perpusnas dengan langkah-langkah inklusif untuk membangun masyarakat, khususnya petani-petani di Indonesia,” ungkap Syahrul.


Malam Gemilang Perpustakaan Nasional 2022 ditutup dengan special performance dari grup band D’Masiv.


Berikut kategori dan nama-nama penerima Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022:

1. Kategori Pejabat Publik

- Menteri Pertanian H Syahrul Yasin Limpo

- Bupati Maros HAS Chaidir Syam

- Bupati Sanggau Paolus Hadi

- Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DIY Dra. Monika Nur Lastiyani

- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh Hasan


2. Kategori Tokoh Masyarakat

- Bunda Literasi Provinsi Lampung Hj Riana Sari Arinal

- Bunda Baca Provinsi Nusa Tenggara Timur Julie Sutrisno Laiskodat

- Bunda Literasi Kota Depok Elly Farida

- Bunda Literasi Kabupaten Magelang Christianti Handayani

- Duta Literasi Provinsi Sumatera Selatan Ratu Tenny Leriva


3. Kategori Pegiat Literasi

- Pegiat Literasi Kota Tegal, Pendiri Komunitas Baca ‘Sakila Kerti’ Yusqon

- Pegiat Literasi Kabupaten Purbalingga, Pendiri dan Pengelola Perpustakaan Bergerak Limbah Pustaka Raden Roro (Rr) Hendarti

- Pegiat Literasi Kota Banjar dan Pendiri Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) Sofian Munawar

- Pegiat Literasi dan Pendiri Komunitas Baca Ngudi Kaweruh Trans Kalis Kabupaten Kapuas Hulu Aipda Belmi Siallagan

- Pegiat Literasi Provinsi Papua, Pendiri Komunitas Baca Nusantara, Komunitas Baca Honai dan Komunitas Baca Kehidupan Zufri 


4. Kategori Media Massa : BTV

5. Kategori Jurnalis : Jupriadi Asmaradhana 

6. Kategori Pelestarian Naskah Kuno

- H. Kholid (Provinsi Banten)

- Darti Busni (Provinsi Jambi)

- Ida Bagus Suarsana (Provinsi Bali)

- Alfitmon (Provinsi Sumatera Barat)


7. Kategori Buku (Pustaka) 

Subjek Sains Data - Terbaik 1  

Judul Buku : Teknik Eksplorasi Data yang Harus Dikuasai Data Scientist Penulis : Bagus Sartono, Dewi Kiswani Bodro, Gerry Alfa Dito


Subjek Fotografi - Terbaik 1

Judul Buku : Kisah Mata Fotografi antara Dua Subjek “Perbincangan Tentang Ada” 

Penulis : Seno Gumira Ajidarma)


Subjek Hukum Tenaga Kerja - Terbaik 1

Judul Buku : Penyalahgunaan Keadaan (Undue Influence) dalam Perjanjian Kerja : Karakteristik, Mekanisme Penyelesaian dan Pencegahan 

Penulis : Nabiyla Risfa Izzati


8. Kategori Lifetime Achievement : Dra Khofifah Indar Parawansa


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama