PLN Pulihkan Gangguan Kelistrikan di Wilayah Terdampak Gempa Cianjur

CIANJUR, suarapembaharuan.com - PT PLN (Persero) telah memulihkan kembali sistem kelistrikan di wilayah yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 


Foto: PLN telah memulihkan kembali sistem kelistrikan di wilayah terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat, sejak Selasa (22/11/2022) pukul 23.05 WIB.

“Pukul 23.05 WIB semalam, sebanyak 1.844 gardu distribusi dan 21 penyulang yang sebelumnya mengalami gangguan, telah berhasil beroperasi kembali,” kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dalam keterangan tertulis pada Rabu (23/11/2022).


Dia menjelaskan, sejak Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB atau kurang lebih 34 jam, pasokan listrik ke 326.028 pelanggan kembali normal. 


Menurutnya, ratusan petugas dikerahkan dengan cepat sejak kejadian untuk segera memulihkan kembali sistem kelistrikan di Cianjur yang mengalami padam karena terdampak gempa. 


“Fasilitas umum seperti rumah sakit, jalan raya, balai desa sampai posko-posko relawan berhasil dipulihkan dan menyala kembali,” imbuhnya. 



Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah, masyarakat, aparat dan berbagai pihak, termasuk relawan PLN yang telah terjun dan berkontribusi aktif dalam percepatan pemulihan kelistrikan pascagempa di Cianjur.


Sementara itu, Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto menambahkan, dalam proses pemulihan terdapat banyak kendala di lapangan, tetapi dengan kolaborasi berbagai pihak semuanya dapat diselesaikan.


“Ada beberapa daerah yang gardunya roboh dan aksesnya tertutup longsor akibat gempa,” ucapnya.



Dengan mengerahkan alat berat, kata dia, akhirnya aksesnya bisa segera dilalui dan tim gabungan segera memperbaiki jaringan listriknya.


Untuk meringankan korban gempa, PLN turut mendirikan tenda darurat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur guna menampung pasien dan warga yang rumahnya mengalami kerusakan. 


Gerak cepat PLN melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) dalam membangun dapur umum bagi warga terdampak juga dirasakan langsung oleh warga. Sebanyak 1.500 paket makanan didistribusikan kepada warga. 


Selain itu, puluhan tenaga medis dan tenaga logistik juga turun langsung untuk memberikan pengobatan dan bantuan secara langsung. Dua unit mobil ambulans dan satu mobil rescue juga dikerahkan untuk terus bergerak dalam membantu logistik dan pemulihan pasca bencana.


Kategori  : News

Reporter : Niman

Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama