Siap Nikah, Literasi Keuangan Penting Membantu Pasangan Muda

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Kesiapan finansial merupakan hal penting dalam mempersiapkan pernikahan. Pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan tidak hanya perlu menyiapkan biaya acara pernikahan, tetapi juga perlu menyiapkan biaya hidup pasca pernikahan. Setelah menikah, selain tujuan keuangan yang mulai banyak, pengeluaran rutin pun akan bertambah.


Foto : Financial fitness classes yang diadakan oleh Great Eastern Life Indonesia dan Bank OCBC NISP. (istimewa)


Maka dari itu, Great Eastern Life Indonesia dan Bank OCBC NISP mengadakan financial fitness classes untuk para pasangan muda mempersiapkan keuangan menuju kehidupan pernikahan. Keduanya menyadari pentingnya kesiapan finansial sebelum menikah.


Pada financial fitness classes kali ini tema yang diangkat adalah "Siap Nikah dengan Modal Investasi: Reach for Great New Chapter of Life”. Kelas tersebut diadakan pada Sabtu (12/11/2022) di The Cove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.


Kelas tersebut menghadirkan 4 narasumber, yakni motivator dan enterpreneur Merry Riana, Ario Pratomo selaku Nyala Coach, Head of Centre for Excellence Great Eastern Life Indonesia Peter Hermawan, dan Bancassurance Advisory Bank OCBC Senny Chendra. 


Merry Riana mengatakan, hal terpenting sebelum menikah adalah meyakini calon suami atau istri adalah partner yang paling cocok untuk lanjut ke jenjang pernikahan. Selain itu, menyamakan ekspektasi dan membangun komunikasi yang baik dalam pernikahan.  


Sementara Ario Pratomo menambahkan ketika memutuskan untuk menikah, hal yang harus dipikirkan tak hanya hari pernikahan, tapi kehidupan setelah menikah juga harus dipersiapkan secara matang. Itu karena, pernikahan akan mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan.  


Karena itu, menurut Peter Hermawan, literasi keuangan penting bagi anak muda yang sedang mempersiapkan pernikahan. Menurutnya, jika tidak adanya kesamaan dalam pemahaman literasi keuangan dapat memicu perpisahan.  


"Termasuk juga produk-produk keuangan juga harus dimengerti oleh kedua belah pihak, seperti asuransi, serta investasi," kata dia.


Dia menjelaskan, ada berbagai pilihan produk proteksi untuk perlindungan kesehatan dan keuangan sebelum dan setelah menikah. Salah satu rekomendasinya adalah Great Optimal Link dengan asuransi tambahan Great Health Cover. 


Dia mengungkapkan, tidak hanya memberikan proteksi jiwa, produk tersebut juga memberikan perlindungan dari berbagai risiko kesehatan yang tidak terduga yang dapat terjadi ketika melakukan persiapan pernikahan.  


“Tentunya kita tidak mau kalau dana yang telah dikumpulkan untuk mewujudkan pernikahan impian, malah terpakai untuk biaya pengobatan karena terjadinya risiko kesehatan yang tidak terduga," ucap Peter. 


Produk proteksi lainnya yang direkomendasikan adalah Great Prestige Protector—produk asuransi jiwa yang baru saja diluncurkan juga menjadi rekomendasi solusi perlindungan untuk para pasangan yang sedang merencanakan kehidupan pernikahan. Hanya dengan satu kali pembayaran premi, produk ini memberikan jaminan perlindungan diri dan jaminan imbal hasil yang tetap selama 10 tahun. 


Dengan adanya jaminan-jaminan tersebut, risiko berupa permasalahan ekonomi yang mungkin muncul dalam kehidupan pernikahan dapat ditangani sejak dini. Baik Great Optimal Link dengan asuransi tambahan Great Health Cover maupun Great Prestige Protector dapat diperoleh dengan mudah di Financial Fitness GYM OCBC NISP PIK atau di 197 kantor cabang Bank OCBC NISP lainnya yang tersebar di 54 kota di seluruh Indonesia. 


Great Eastern Life Indonesia berharap kelas ini dapat meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia yang hendak membuat perencanaan keuangan menjelang memasuki babak baru dalam kehidupan.  


Dengan memiliki kesiapan finansial yang baik, tentunya masyarakat Indonesia dapat mewujudkan pernikahan impian tanpa terkendala biaya, menjalankan hidup berumah tangga dengan tenang, lalu bebas melangkah meraih berbagai aspirasi, dan jadi hebat. 


Sementara itu, Senny Chendra mengungkapkan untuk membantu mempersiapkan keuangan menikah, juga bisa dengan mendownload aplikasi one mobile OCBC NISP. Aplikasi ini akan membantu persiapan pernikahan Anda menjadi lebih mudah.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama