Startup Lakukan Perampingan, Enablr.id Komitmen Tidak Melakukan PHK

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Dalam menghadapi resesi, alih-alih menekan biaya SDM, PT Sinergi Digital Pusaka atau Enablr.id berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dengan melakukan seleksi yang ketat dalam kerjasama dengan partner bisnis potensial. Hal ini telah dilakukan sejak kuartal II-2022 ini. 



“Ini adalah suatu bentuk komitmen dari Enablr.id untuk terus meningkatkan service-level kepada para partner kami dan juga dalam rangka penguatan organisasi. Karenanya, kami mengambil langkah untuk lebih selektif dalam memilih kerjasama partner, serta meningkatkan potensi partner-partner kami saat ini,” jelas CEO Enablr.id Yohan Christian dalam keterangan resminya, Senin (28/11/2022).


Kendati pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali ke level historisnya sebesar 5% seperti pra-pandemi, nilai perbaikan ekonomi yang positif ini banyak ditanggapi dengan isu resesi global yang diprediksi akan terjadi di 2023 mendatang.


Pakar ekonomi menyatakan bahwa fenomena resesi terbagi menjadi dua tipe. Tipe pertama, yaitu economic recession ditandai dengan menurunnya pertumbuhan ekonomi dalam dua kuartal berturut-turut. Sementara tipe kedua, yaitu trust recession atau kuasi resesi, ditandai dengan gejala psikologis masyarakat seperti rasa cemas dan kekhawatiran berlebihan yang diakibatkan oleh narasi yang disebarluaskan dan menciptakan negativity bias.


Enablr.id sebagai perusahaan omnichannel commerce enabler menanggapi isu resesi sebagai peluang yang berpotensi, jika dilakukan dengan jeli dan cermat. “Kami percaya tetap ada peluang di masa resesi. Salah satu keunggulan Enablr adalah agility, di mana sebagai perusahaan yang belum memiliki excess baggage, Enablr dapat mengambil kesempatan untuk melakukan seleksi dalam mengakuisisi partner bisnis yang potensial,” ungkap Yohan.


Salah satu langkah strategi manajerial yang dilakukan oleh Enablr.id ialah penerapan ‘Lean Management’. “Saat ini kami berfokus kepada value, sehingga semua inisiatif yang dikembangkan memiliki dampak terhadap produktivitas sambil tetap mempertahankan efisiensi,” kata Yohan. 


Ditambahkannya, sebagai E-Commerce enabler yang tech-enabled, Enablr.id memanfaatkan peran teknologi secara maksimal untuk menciptakan value stream dan berfokus pada pemanfaatan aspek-aspek yang memang esensial di dalam bisnis.


Strategi yang diterapkan Enablr.id pun berdampak kepada penandatanganan kerjasama baru dengan beberapa perusahaan nasional dan multinasional, sehingga Enablr.id siap meraih peluang di tengah isu resesi pada tahun depan.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama