Apakah Anda Mengetahui Unearned Revenue vs Accrued Revenue?

Perbedaan paling mencolok antara unearned dan accrued revenue adalah dari definisi keduanya. 


Dikutip dari Pintu Academy, unearned revenue merupakan sejumlah uang yang diterima perusahaan sebagai pembayaran atas transaksi penjualan barang atau jasa yang fisiknya belum tersedia atau belum dapat diserahkan kepada pelanggan. 


Ilustrasi

Sebaliknya, accrued revenue adalah sejumlah uang yang seharusnya diterima perusahaan sebagai imbalan atas barang atau jasa yang sudah diserahkan kepada pelanggan. Dengan kata lain, accrued revenue terjadi ketika kewajiban penyerahan barang atau jasa kepada pelanggan sudah dipenuhi perusahaan, namun pelanggan belum membayarkan sejumlah uang atas transaksi tersebut. 


Perlakuan dalam Akuntansi 


Perbedaan definisi antara unearned revenue dan accrued revenue tentunya berdampak terhadap adanya perbedaan perlakuan akuntansi. Unearned revenue umumnya diakui sebagai utang jangka pendek hingga barang atau jasa diserahkan pada konsumen. Setelah terjadi penyerahan barang atau jasa, maka barulah unearned revenue diakui sebagai pendapatan. 


Di sisi lain, selama pelanggan belum memberikan sejumlah uang atas imbalan penyerahan barang atau jasa, maka perusahaan akan mengakui accrued revenue sebagai aktiva lancar. Nantinya, setelah terjadi transaksi pembayaran barulah accrued revenue diakui sebagai pendapatan.  


Pengakuan Terhadap Pelaporan Keuangan 


Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, unearned revenue diakui sebagai kewajiban jangka pendek dan baru akan diakui sebagai pendapatan yang tercermin pada laporan laba-rugi pada saat terjadi penyerahan barang atau jasa kepada pelanggan. Oleh sebab itu, adanya unearned revenue akan mempengaruhi nilai modal (working capital). 


Sebaliknya, accrued revenue masuk ke akun aktiva lancar pada laporan posisi keuangan. Pada saat pelanggan menyelesaikan pembayaran, maka hal ini akan berpengaruh terhadap laporan laba-rugi perusahaan. 


Jadi, sekarang sudah paham kan makna istilah unearned revenue dalam laporan keuangan?Nah, itu dia perbedaan unearned revenue vs accrued revenue.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama