Arus Lalu Lintas di Ruas Tol Jabotabek dan Jawa Barat Meningkat

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Jasamarga Metropolitan Tollroad mencatat mulai terjadi peningkatan volume lalu lintas di sekitar tol Jabotabek dan Jawa Barat pada 18-19 Desember (H-7 hingga H-6) Natal 2022.


Foto: Jasamarga Metropolitan Tollroad mencatat mulai terjadi peningkatan volume lalu lintas di sekitar tol Jabotabek dan Jawa Barat pada 18-19 Desember 2022. Ist

“Terhitung H-7 sampai dengan H-6 Natal 2022, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mencatat peningkatan lalu lintas di sekitar Tol Jabotabek dan Jawa Barat,” kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti, Rabu (21/12/2022).


Berdasarkan data, lalu lintas di sekitar tol Jabotabek mencapai 177.781 kendaraan atau meningkat 7,89 persen dibanding volume lalu lintas normal yaitu 164.767 kendaraan, yang meninggalkan Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta. Volume lalu lintas terdistribusi melalui dua gerbang tol (GT) yakni GT Cengkareng Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo dan GT Benda Utama 2 Tol Kunciran-Cengkareng. 


Selanjutnya, volume lalu lintas di sekitar Jawa Barat, Jasa Marga mencatat sebanyak 53.080 kendaraan keluar dari Bandung menuju wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui GT Cileunyi. Volume lalu lintas transaksi di GT tersebut meningkat 6,07 persen dari lalu lintas normal yaitu sebanyak  50.043 kendaraan. 


Menurutnya, volume lalu lintas dari arah sebaliknya atau mengarah ke Bandung melalui GT Cileunyi tercatat 61.602 kendaraan (meningkat 6,90 persen) dibanding lalu lintas normal yakni sebanyak 57.628 kendaraan. 


“Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan,” imbuhnya. 


Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM) dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan. 


“Kepada pengguna jalan hanya menggunakan satu kartu e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar,” tuturnya.


Sebelumnya, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division telah mengoperasikan secara fungsional akses keluar menuju Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, yang terletak di Km 99 Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) arah Bandung. Pengoperasian secara fungsional dilakukan sejak 18 Desember hingga 8 Januari 2023.


Dengan dibukanya akses menuju Kecamatan Darangdan ini, akan membantu memperlancar perjalanan masyarakat karena memiliki alternatif lainnya yang lebih dekat menuju lokasi tujuan. (MAN)


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama