Central Park Meikarta Jadi Destinasi Wisata di Bekasi

BEKASI, suarapembaharuan.com – Central Park Meikarta merupakan ruang terbuka hijau (RTH) dengan luas mencapai 105 hektare (ha), dilengkapi danau buatan seluas 50 ha, wahana bermain anak serta berbagai jenis tanaman dan satwa. Kini, kawasan RTH ini menjadi destinasi wisata masyarakat.



Central Park Meikarta telah meraih Rekor Museum Indonesia (Muri) pada 2020 lalu, sebagai danau buatan terluas di Indonesia. Kawasan ini berfungsi sebagai resapan air sekaligus tempat rekreasi keluarga dengan 23 wahana permainan di dalamnya.


“Central Park saat ini sudah menjadi destinasi wisata bagi para penghuni apartemen Meikarta dan warga sekitar,” kata Pengelola Central Park Meikarta, Tri Agus Subianto, Kamis (29/12/2022). 


Dia menjelaskan, terdapat 23 wahana permainan anak dan keluarga seperti carousel, children playground, ATV, lapangan basket, lapangan futsal, bebek air, perahu mesin, srodotan donat, scooter trail, dan sebagainya.


“Juga terdapat area usaha dengan beragam tenan UMKM lokal untuk memenuhi kebutuhan penghuni apartemen maupun pengunjung,” ungkapnya.


Menyambut pergantian tahun dan sekaligus mendukung UMKM lokal, pengelola mengadakan Festival Bazar 2022 yang digelar sejak 18 Desember hingga 8 Januari 2023. 



Festival Bazar 2022 ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, yang terus mengajak berbagai pihak, termasuk dunia usaha untuk turut memajukan dan mendukung peran UMKM.


“Lebih dari 100 UMKM berpartisipasi dalam event ini. Sebanyak 70 persen diantaranya merupakan gerai makanan dan street food, sisanya 30 persen terdiri atas multiproduk,” imbuhnya.


Ditargetkan, festival ini dikunjungi sekitar 25.000 orang, termasuk para penghuni apartemen Meikarta.


Tri menambahkan, di kawasan Central Park Meikarta terdapat 96.000 tumbuhan, yang pengelolanya melibatkan petani lokal. Sejumlah tanaman tumbuh subur seperti pohon randu, beringin, dan beragam macam jenis bunga. 


“Central Park Meikarta juga sering dijadikan lokasi perhelatan besar berskala nasional, seperti kejuaraan balap rally nasional, konser musik, color run, night run, fun bike serta festival akhir tahun seperti saat ini sedang dilaksanakan,” ungkapnya.


Tahun ini, bekerjasama dengan panitia lokal untuk mendukung dan mengembangkan UMKM, sekaligus memberikan tujuan wisata akhir tahun bagi para penghuni apartemen Meikarta, masyarakat sekitar maupun dari luar Bekasi.


“Central Park Meikarta selalu mendukung peran UMKM dan juga memberikan pelayanan kepada para pengunjung yang ingin liburan akhir tahun,” pungkasnya. (MAN)


Kategori : News

Editor     : AHS



Foto: Central Park Meikarta dengan luas mencapai 105 hektare menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Bekasi. Ist

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama