Pembersihan Areal Selesai Dikerjakan, BAP Eksekusi Lahan HGU Balimbingan Diserahkan ke PTPN IV

SIMALUNGUN, suarapembaharuan.com - Sepekan setelah dibacakan Eksekusi oleh Pengadilan Negeri Simalungun melalui Jurusita Pengadilan Negeri Simalungun, E.Siringo-ringo (22/12) menyerahkan Berita Acara Eksekusi kepada pihak PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN 4) yang diterima langsung Manejer kebun unit Balimbingan Aulia Irfan.



Pelaksanaan eksekusi dengan melakukan pembersihan areal HGU afdeling 2 kebun Balimbingan yang selama ini dikuasai penggarap kelompok 28, langsung dilaksanakan sejak Senin (19/12/2022) dan selesai dikerjakan Kamis (22/12/2022). 


Selama 4 hari kerja dibersihkan 11.303 pohon sawit penggarap di areal seluas 86,95 hektar dari 96,47 hektar keseluruhan areal HGU PTPN IV. Sisanya adalah areal permukiman  yang masih ditempati warga penggarap dan dikenal sebagai Dusun Pendowo Limo Nagori Bah Kisat.


Sesuai rencana kerja PTPN IV, usai pembersihan areal, akan dilakukan pencacahan batang-batang kelapa sawit (Chipping) disusul pembuatan lubang untuk penanaman ulang bibit kelapa sawit milik PTPN IV di areal yang mengitari sungai Bah Kisat, di Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun itu.



“Saat ini kita sudah menyiapkan bibit untuk segera didrop ke lokasi untuk penanaman ulang, dan diharapkan bisa berjalan sesuai rencana kerja kita akhir tahun ini,” jelas Manajer kebun Balimbingan, Aulia Irfan di lokasi areal HGU Balimbingan, kamis siang. Diperkirakan areal tersebut membutuhkan sekitar 12 ribu batang bibit kelapa sawit. “Kita memiliki stock yang cukup untuk ditanam di sini,” tambah Aulia Irfan.


Sementara itu untuk lebih mempertegas batas-batas areal HGU, pihak PTPN 4 kebun Balimbingan juga membuat parit batas sekeliling areal. Ini dilakukan sekaligus untuk lebih memudahkan pihak kebun mengawasi areal tersebut dari tindakan-tindakan yang tidak bertanggungjawab.


Pelaksanaan eksekusi sesuai Putusan Mahkamah Agung terhadap areal HGU No.7 afdeling 2 kebun Balimbingan yang berjalan sangat kondusif, merupakan prestasi tersendiri bagi PTPN 4. Ini bisa dilakukan di antaranya berkat kerjasama dan sinergi antara PTPN 4 dengan Forkopimda Simalungun.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama