Perbedaan Afiliasi dan Referral

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Dikutip dari Pintu Academy, Afiliasi adalah salah satu aktivitas menggunakan pengaruh seseorang untuk memasarkan sesuatu, biasanya dalam bentuk produk dengan menggunakan link. Afiliasi dikenal juga dengan istilah partnership marketing. 


Ilustrasi

Contoh afiliasi adalah sebagai berikut. Anggaplah influencer A membagikan link  di salah satu media sosial yang dimilikinya. Jika ada konsumen yang membeli produk atau layanan dengan menggunakan link tersebut, maka sang afiliator akan mendapatkan sejumlah komisi. 


Berapa Besar Komisi Afiliasi?


Bentuk komisi yang diperoleh afiliator pun bisa sangat beragam tergantung dari perusahaan yang bekerjasama dengan afiliator tersebut.   


Terdapat jenis komisi dalam bentuk persentase dari keseluruhan total penjualan, harga tetap untuk sekali klik, maupun bentuk lainnya. Bagaimanapun, hal ini sangat tergantung dari peraturan dan kesepakatan sebelumnya antara perusahaan dan pihak afiliator.


Agar pemasaran afiliasi bisa sukses, maka dibutuhkan perpaduan yang sinergis antar tim promosi dan afiliator. 


Keuntungan Afiliasi


Mengapa afiliasi menjadi aktivitas yang diminati orang-orang? Berikut beberapa keuntungan afiliasi. 


Sumber Pendapatan Pasif


Afiliasi bisa menjadi salah satu sumber pendapatan pasif. Seorang afiliator tinggal membuat konten blog atau media sosial dan memasukan link afiliasi. Selama masih ada yang mengklik link tersebut dan membeli produk, maka ia akan terus mendapatkan pemasukan. 


Bisa Dilakukan Dari Mana Saja


Kelebihan afiliasi lainnya adalah dapat dilakukan dari mana saja selama memiliki internet dan perangkat seperti laptop atau handphone.


Tidak Membutuhkan Banyak Modal


Afiliasi berbeda dengan aktivitas Reseller yang membutuhkan modal. Aktivitas afiliasi dapat dlakukan secara mudah selama kamu memiliki kemampuan promosi, membuat konten, dan sejenisnya.  


Lalu, bagaimana dengan referral. Referral artinya adalah rujukan. Dalam hal ini, perbedaan afiliasi dan referral adalah pemasaran dengan referral menggunakan konsumen yang sudah ada, bukan lagi menggunakan influencer. 


Konsumen akan membantu mempromosikan produk atau jasa secara pribadi ke konsumen baru. Jika mereka berhasil mendapatkan konsumen baru, maka mereka akan memperoleh sejumlah imbalan. 


Tidak seperti pemasaran afiliasi, pemasaran referral sifatnya lebih personal. Biasanya ini dilakukan dari mulut ke mulut dan berdasarkan kedekatan dengan orang sekitar. 


Contoh referral adalah konsumen A dari sebuah perusahaan mempromosikan produk ke keluarga, kerabat, dan teman-temannya ketika sedang ikut serta dalam pertemuan keluarga. Jika ada teman atau kerabat yang berminat untuk ikut menggunakan produk perusahaan tersebut, maka konsumen A akan memperoleh imbalan atau komisi. 


Keuntungan Referral


Sama seperti afiliasi, aktivitas referral juga memiliki beberapa kelebihan bagi pelakunya, mulai dari potensi memperoleh pendapatan pasif, tidak dibutuhkannya modal hingga fleksibilitas untuk melakukan aktivitas ini dari mana saja. Selain itu, beberapa kelebihan referral lainnya adalah sebagai berikut. 


Bisa Dilakukan Siapa Saja


Afiliasi biasanya hanya bisa dilakukan oleh influencer yang memiliki sejumlah besar follower di media sosial mereka. Berbeda dengan aktivitas afiliasi yang mengharuskan kamu untuk memiliki channel penjualan (blog atau media sosial), aktivitas referral bisa dilakukan oleh siapa saja. 


Sistem yang Lebih Sederhana


Untuk bisa menjadi seorang afiliator, biasanya kamu harus menandatangani perjanjian tertentu dengan pihak tim perusahaan, berkoordinasi untuk jenis konten yang akan dibuat dan lain sebagainya. 


Dalam hal ini, aktivitas referral relatif lebih mudah karena biasanya menggunakan sistem otomatis langsung dari aplikasi milik perusahaan bersangkutan. 


Gabung Program Referral Pintu, Komisi Berlipat Ganda


Buat kamu yang ingin memperoleh pendapatan pasif tambahan, gabung program Referral Pintu sekarang. Di sini, kamu sebagai pengguna Pintu tinggal membagikan username kamu kepada kenalan kamu. 


Apabila teman kamu mendaftar menggunakan username tersebut, maka kamu akan memperoleh komisi hingga berlipat ganda. Baca informasi selengkapnya mengenai Pintu Referral Program di sini.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama