SO-6 Diterapkan, Area Transit KRL di Stasiun Manggarai Diperluas

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Dan Banten (BTPWJB) Direktorat Jenderal Perkeretaapian bersama KAI Commuter dan KAI DAOP 1 Jakarta akan menerapkan peralihan sistem persinyalan (switch over keenam/SO-6) di Stasiun Manggarai pada Jumat (9/12/2022). 



Dengan adanya SO-6 ini, jumlah area transit kereta rel listrik (KRL) akan ditambah dan dilakukan pembukaan jalur 3 dan 4 di Stasiun Manggarai. 


“Untuk mendukung pelaksanaan SO-6 ini, KAI Commuter akan menyesuaikan jadwal perjalanan commuter line dengan membatalkan 40 perjalanan pada malam hari, mulai pukul 22.30 WIB (besok),” kata Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, dalam keterangan tertulis, Kamis (8/12/2022).


Dia menjelaskan, penyesuaian jadwal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan pekerjaan di Stasiun Manggarai dan keselamatan perjalanan kereta.


Nantinya pelaksanaan SO-6 ini akan mengaktifkan jalur 3 dan 4 sebagai optimalisasi perjalanan kereta di Stasiun Manggarai. Pasca SO-6 Manggarai ini pelayanan naik dan turun pengguna commuter line di Stasiun Manggarai tidak ada perubahan pelayanan. 


“KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 1.081 perjalanan commuter line setiap harinya, yang dimulai pukul 04.00–24.00 WIB,” imbuhnya.


KAI Commuter mohon maaf atas ketidaknyamanan selama proses pembangunan Stasiun Manggarai.


KAI Commuter melakukan peralihan sinyal atau switch over (SO). SO-6 ini merupakan perubahan operasional berkelanjutan dari peralihan sinyal sebelumnya, SO-5.


Pelaksanaan SO-6 ini, akan memulai pekerjaan pembangunan jalur 1 dan 2 di Stasiun Manggarai. Jalur 4 dan 6 akan digunakan perjalanan commuter line dari arah Cikarang/Bekasi menuju Angke/Kampung  Bandan. (MAN)


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama