Transformasi, RRI Play Go Hadirkan Wajah Baru

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Transformasi sistematis baru dilakukan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) untuk semua platform penyiaran secara digital dengan meluncurkan aplikasi RRI Play Go. 


Foto : Dirut Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) I, Hendrasmo saat memberikan sambutan pada acara Grand Launching RRI Play Go di Kantor RRI, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2023). Ist

Peluncuran ini memiliki nilai sejarah dalam perjalanan LPP RRI, karena ada kebaruan dalam cara pelayanan kepada publik. Kini, RRI Play Go memiliki lebih dari 500.000 koleksi lagu. 


Kelebihan lainnya adalah hadir secara gratis, memiliki koleksi lagu Nusantara lebih banyak dibandingkan Spotify, ada juga video, siniar (podcast). Ada pula interaksi antara pengguna, pendengar, dan penyiar. 


RRI Play Go pun memiliki notifikasi peringatan gempa, peta bencana, termasuk gim edukasi. Music director dalam aplikasi ini senantiasa mengunggah lagu-lagu Nusantara terbaru. 


Lagu-lagu tersebut berasal dari Aceh, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Hal ini sebagai cara memperlihatkan jati diri bangsa.


Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo mengatakan, peluncuran RRI Play Go ini sebagai wujud lompatan transformasi jajarannya. Terutama dari sisi teknologi pada tingkat pola pikir.


“Disrupsi memaksa kami mengubah proses bisnis, dahulu kami hanya berpikir bagaimana membuat materi siaran, sekarang harus menyiapkan banyak konten. Tentu saja bukan hanya konten yang diperdengarkan, tetapi juga dibaca, ditonton, bahkan dimainkan,” katanya di Auditorium Kantor RRI Jakarta, Selasa (31/1/2023).


Jajaran LPP RRI di seluruh Indonesia sekarang juga lebih interaktif dalam menyapa pendengar. Hal itu menyiasati selera audiens yang dinamis mengikuti perkembangan zaman.



Berangkat dari perkembangan dunia informasi, RRI juga belajar dari berbagai media sejenis di luar negeri seperti KBS (Korean Broadcasting System) atau RFI (Radio France International) dalam membangun dan memperkuat identitas nasional negaranya melalui produk siaran. 


Hadirnya RRI Play Go rasa baru ini merupakan salah satu upaya menunjukkan jati diri sebagai media yang membangun nilai-nilai keindonesiaan. Aplikasi ini juga diharapkan mendorong adanya persatuan serta kesatuan. 


“Melalui peluncuran aplikasi RRI Play Go versi baru ini kami berharap bisa menyampaikan informasi mencerahkan, mencerdaskan, dan memberdayakan masyarakat. Terlebih dalam menggelorakan nilai-nilai kebangsaan Indonesia dan RRI akan terus bersama masyarakat untuk memberikan yang terbaik,” ucap Hendrasmo.


Ketua Dewan Pengawas LPP RRI, Anwar Mujahid Adhy Trisnanto mengatakan, RRI terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini terbukti dengan hadirnya pembaharuan platform RRI Play Go.


"Kita dengan kehadiran RRI Play Go jelas-jelas ingin memanfaatkan teknologi. Supaya kita bisa terhubung dengan audien kita yang semakin beragam semuanya harus kita layani," ucapnya. 


Anwar juga berharap dengan memanfaatkan teknologi, diharapkan siaran-siaran RRI dapat menjangkau seluruh pelosok di daerah.


"Kemudian kita memanfaat teknologi menjangkau khalayak lebih luas ke daerah-daerah, untuk itu kita mendirikan RRI Play Go," ucapnya.


Hadir dalam acara peluncuran, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yulianto Sudrajat yang berharap kehadiran RRI Play Go mampu berikan edukasi kepada masyarakat soal Pemilu serentak yang akan berlangsung di tahun 2024. 


"Penting bagi KPU tidak hanya sekedar sosialisasi, tapi lebih konkret lagi teredukasi ke masyarakat tentu RRI saya lihat dari tahun ke tahun khusunya dalam Pemilu pentingnya pemberitaan-pemberitaan yang bening, kemudian mencerahkan dan jangkauannya mulai dari perkotaan hingga desa," pungkas Yulianto. 


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama