Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Maluku Tenggara

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,6 terjadi di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, Jumat (17/2/2023). Tidak ada laporan korban jiwa akibat gempa tersebut.


Ilustrasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tenggara melaporkan pihaknya segera menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan. Hasil kaji cepat sementara, terpantau kondisi normal pascagempa.


Kejadian ini terjadi sekitar pukul 16:37 WIB dengan pusat gempa berada pada 125 km barat daya Kabupaten Maluku Tenggara dengan kedalaman 97 km. Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan.


Kejadian gempa tidak menyebabkan warga sekitar panik, dikarenakan gempa tidak dirasakan di Kabupaten Maluku Tenggara. Aktivitas warga tetap normal pascakejadian. Hingga kini, dilaporkan tidak ada dampak korban jiwa.


BMKG merilis parameter gempa M6,6 berdasarkan pemodelan, gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.  


BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD setempat dan memonitor situasi pascagempa melalui Pusdalops BNPB. Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. Pastikan sumber informasi terkait gempa diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggung jawabkan.


Kategori : News

Editor     : RAS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama