Pintu Academy: Suku Bunga AS Naik 25 bps, Pasar Saham & Crypto Respons Positif

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Pasar crypto masih bergerak positif terhadap berbagai faktor makroekonomi yang dapat memengaruhi pergerakan harga dari aset crypto. Dikutip dari analisis pasar Pintu Academy berjudul “Suku Bunga Naik 0,25%, Pasar Crypto Merespon Positif” pada 1 Februari lalu, The Federal Reserve (Fed) mengumumkan kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) sebanyak 25 basis point (bps) atau sebesar 4,5%-4,75%. 


Ilustrasi

Jerome Powell, Ketua The Fed menyatakan akan ada beberapa kenaikan suku bunga lagi sebelum menghentikan kebijakan pengetatan ekonomi. Bahkan masih menurut Powell, The Fed membutuhkan lebih banyak data lagi sebelum dapat menyatakan kemenangan dari kenaikan inflasi dan mampu mengembalikan inflasi ke angka 2% seiring dengan berjalannya waktu. 


Selain data mengenai suku bunga yang memberikan dampak terhadap pasar crypto dan saham, investor juga perlu memperhatikan data mengenai tingkat pengangguran. Data terkini mengenai tingkat pengangguran di AS menurun menjadi 3,4% yang merupakan angka tingkat pengangguran terendah sejak tahun 1969. 


Timothius Martin, Chief Marketing Officer PINTU mengungkapkan, “Angka tersebut menunjukkan bahwa The Fed akan tetap mempertahankan sikap kebijakan moneternya dengan ketat di mana hal tersebut dapat memengaruhi harga aset crypto dan investor tetap perlu berhati-hati dalam pengambilan keputusan,”


Pasar crypto merespons positif terhadap pengumuman suku bunga The Fed di mana Bitcoin (BTC) berhasil menembus angka US$24,000 namun setelah itu mengalami koreksi yang menandakan breakout yang gagal meskipun terdapat permintaan yang tinggi. BTC masih perlu menembus titik dukungan untuk mendapatkan konfirmasi bull run selanjutnya. Titik dukungan setidaknya ada di harga US$22,500 dan US$20,000. Sementara resistensi masih di kisaran US$24,000 dan US$25,000. 


“Terlepas dari pergerakan harga crypto, potensi aset crypto dan blockchain semakin besar. Berbagai perusahaan global sudah melirik, di antaranya baru-baru ini Premier League bekerja sama dengan Sorare sebuah game crypto sepak bola fantasi, serta masih banyak lagi perusahaan lainnya. Inovasi dunia cryptocurrency tidak dapat dihentikan perkembangannya,” tutup Timo. 


Tentang PINTU

PINTU adalah platform trading aset crypto di Indonesia yang berfokus pada tampilan mobile. Tujuan kami adalah untuk membantu aset crypto lebih mudah diakses siapapun serta menjembatani inklusi dunia crypto di Indonesia. PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.


Kategori : News

Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama