AIA Vitality Women’s 10K 2023 Ajak 1.000 Perempuan Berlari Bersama

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Sebanyak 1.000 perempuan berlari bersama pada kegiatan yang bertajuk AIA Vitality Women’s 10K yang mengangkat tema #RunYourPlayground. Hidup aktif dan sehat kini menjadi semakin penting bagi masyarakat global, termasuk perempuan di Indonesia.



Guna merayakan keberagaman dan inklusivitas, 1.000 perempuan berlari bersama dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional. Gelaran lari untuk perempuan, Women’s 10K kembali hadir di 2023 secara offline.


Co-Founder SANA Studio dan Women’s 10K mengenai gerakan ini, Laila Munaf mengatakan tema #RunYourPlayground pada perhelatan keempat Women's 10K sangat relevan dan inspiratif bagi kehidupan aktif perempuan Indonesia.


Melalui tema ini, AIA Vitality Women’s 10K 2023 ingin menunjukkan bahwa tempat dan rute lari yang digunakan dapat menjadi "playground" atau taman bermain bagi perempuan untuk berkembang dan meningkatkan kapasitas diri mereka.


"Dengan memilih tempat dan rute lari yang tepat, Women's 10K memberikan kesempatan bagi perempuan untuk merasa nyaman dan aman saat berpartisipasi dalam acara ini. Mengitari seputaran Jakarta Selatan mulai dari titik start dan finish di The Buya, Cipete, Jakarta Selatan," katanya di Jakarta, Minggu (12/3/2023).


Pihaknya ingin menjaga komitmen untuk terus mengajak seluruh perempuan menjalani pola hidup aktif serta sehat, menjadi misi yang terus dilanjutkan sejak pertama kali acara ini diselenggarakan.


Partisipasi perempuan dalam sektor olahraga masih cukup rendah, stigma sosial yang masih menghambat perempuan untuk berpartisipasi dalam olahraga atau kegiatan lari baru sejumlah 30 persen. Hal ini yang menginisiasi kegiatan Women’s 10K pertama kalinya diadakan di 2020.


“Women’s 10K lebih dari gerakan lari untuk perempuan ini adalah semangat untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam sektor olahraga adalah sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan berdaya. Selain itu, kami mengajak semua perempuan merayakan keberagaman dan inklusivitas dalam Women’s 10K, untuk membangun komunitas perempuan yang berempati dan menghargai satu sama lain,” ungkap Laila.


Selaras dengan misi menyehatkan masyarakat Indonesia dan pemberdayaan perempuan, Women’s 10K menggandeng AIA melalui program health & wellness AIA Vitality. Kerja sama ini mengajak perempuan di Indonesia untuk aktif bergerak dan memiliki gaya hidup yang lebih sehat.


Head of Corporate Communication AIA, Lia Merdekawaty mengatakan sangat mengapresiasi ajang AIA Vitality Women’s 10K yang menginspirasi perempuan untuk mengadopsi gaya hidup sehat.



Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, kegiatan ini juga merupakan bentuk dari komitmen AIA untuk mendorong pemberdayaan perempuan melalui kegiatan health and wellness yang sejalan dengan fokus ESG (Environmental, Social, Governance) yang dimiliki.


"Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang agar bisa memberikan dampak positif bagi lebih banyak perempuan di Indonesia,” terang dia.


Komitmen PT AIA Financial (AIA) pada AIA Vitality Women’s 10K juga diwujudkan dengan upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan pribadi dan deteksi dini penyakit khususnya kanker serviks.


Bekerja sama dengan perusahaan bioteknologi Nusantics, AIA memberikan screening kanker serviks dengan metode urine HPV DNA gratis bagi 500 perempuan yang terdiri dari AIA Vitality member, karyawan, nasabah, dan masyarakat umum termasuk peserta Women’s 10K.


Kolaborasi multi-sektor seperti ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan mendukung, serta memberikan kesempatan bagi semua orang untuk hidup sehat dan berkualitas.


“Kegiatan ini juga tidak bertujuan untuk menilai siapa yang terkuat atau tercepat, melainkan untuk membangun gaya hidup sehat perempuan di seluruh Indonesia” tutup Laila Munaf.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama