Angkat 3 Pemimpin Transformatif, Dentsu Perkuat Fondasi di Asia Tenggara

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Dentsu mengangkat tiga pemimpin transformatif guna memperkuat fondasinya dengan membentuk klaster Asia Tenggara (SEA) sekaligus menunjuk beberapa sosok yang telah berpengalaman di industri antara lain Sanjay Bhasin, Prakash Kamdar dan Bharti Agrawal untuk memimpin kawasan yang berkembang pesat.


Klaster Asia Tenggara adalah bagian dari jaringan bisnis wilayah Asia Pasifik, dan mencakup beberapa negara antara lain dentsu Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.



Sebagai kawasan dengan ekonomi terbesar kelima di dunia, SEA mengalami pertumbuhan eksponensial dan transformasi yang luar biasa. Dalam hal ini, pertumbuhan pengeluaran periklanannya diprediksi akan melebihi Asia Pasifik dengan penghasilan bruto yang saat ini mencapai sebesar 3,1 triliun USD dan SEA juga diperkirakan akan menjadi ekonomi terbesar keempat di tahun 2030.


Sanjay Bhasin, CEO dentsu Myanmar, Thailand dan Vietnam, diangkat menjadi CEO dentsu Southeast Asia, akan memulai perannya sesegera mungkin. Sebagai pelaku yang berpengalaman di Industri selama 30 tahun di wilayah Asia Pasifik dan kawasan SEA, Sanjay sebelumnya menjabat sebagai CEO Y&R SEA sejak tahun 2012 hingga 2018.


Di bawah kepemimpinan Sanjay sebagai CEO dentsu Vietnam & Myanmar pada 2018, bisnis dentsu Vietnam mencapai masa keemasannya dan menjadi agensi terintegrasi paling sukses di negara Naga biru tersebut. Di bawah kepemimpinannya, dentsu Vietnam menghasilkan pertumbuhan dan profitabilitas sebesar dua digit tahun ke tahun.


Selain itu, kepemimpinan Sanjay juga membuat agensinya dianugerahi Network of the Year MMA Vietnam pada tahun 2020 dan Creative Agency of the year selama tiga tahun. Setelah kesuksesan tersebut, Sanjay kemudian diangkat menjadi CEO dentsu Vietnam, Myanmar dan Thailand pada tahun 2021.


“Saat ini sudah terdapat banyak paparan yang positif mengenai pertumbuhan eksponensial dan transformasi yang luar biasa yang dialami oleh kawasan SEA," kata CEO dentsu APAC, Rob Gilby pada Sabtu (25/3/2023). 


Untuk itu, langkah ini merupakan pengembangan bisnis organik yang senantiasa akan meningkatkan investasi yang signifikan dan komitmen terhadap karyawan, klien, mitra, serta mengukuhkan kemampuan kompetitif di wilayah pertumbuhan yang penting ini. 


"Saya sangat bangga dan semangat melihat para pemimpin yang telah terbukti sukses seperti Sanjay, Prakash, dan Bharti. Kini mereka akan memimpin lebih dari 4.000 talenta kami yang beragam untuk mempercepat pertumbuhan kami dan klien kami di SEA,” ungkap Rob Gilby.


CEO dentsu Southeast Asia, Sanjay Bhasin, memaparkan SEA telah menjadi rumah selama sebagian besar kehidupan profesionalnya dan bangga telah diberikan kesempatan istimewa untuk bekerja dengan beberapa bisnis paling ambisius dan memimpin beberapa tim paling berbakat di negara-negara dalam klaster yang menarik dan beragam.


“Kami bersatu sebagai satu tim lintas batas untuk mewujudkan janji SEA dalam The Decade of SEA, yang saya percaya menjadi langkah tepat dalam perjalanan saya dan dentsu kedepan. Secara pribadi, dan profesional, saya juga telah mengenal Prakash dan Bharti selama beberapa dekade dan kami telah membangun chemistry yang luar biasa selama bertahun-tahun bekerja sama,” ucap Sanjay.


Prakash Kamdar ditunjuk menjadi CEO, Clients and Solutions, dentsu Southeast Asia dan peran tersebut akan dimulai segera. Dalam tim kepemimpinan klaster yang sama, Bharti Agrawal menjabat sebagai CFO dentsu Southeast Asia dan peran ini telah berlaku sejak beberapa bulan yang lalu. 


Agar tetap dekat dengan bisnis lokal, Sanjay dan Prakash akan terus melanjutkan peran kepemimpinan mereka di negara-negara yang ditugaskan dalam klaster dentsu Asia Tenggara.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama