Terus Berkomitmen Mendukung Perkembangan Startup Digital, Kemenparekraf Resmikan Program BEKUP 2023

Siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi

Kreatif - 2 Maret 2023 


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf/Baparekraf) Republik Indonesia resmi membuka program Baparekraf for Startup (BEKUP) di tahun 2023 sebagai upaya mendorong ekosistem startup digital dan seluruh wirausahawan Indonesia dalam mengembangkan potensi kewirausahaan dan merealisasikan optimisme ekonomi nasional. 




“BEKUP sebagai program inkubasi yang berkelanjutan membuka kesempatan bagi para pendiri startup untuk mendapat dukungan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan para founders untuk mengatasi tantangan yang dihadapi,” papar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pada pembukaan Kick Off BEKUP 2023. 


Program BEKUP yang telah berjalan sejak 2016 di lebih dari 25 kota di seluruh Indonesia, di tahun 2023 ini akan diselenggarakan secara daring yang bisa diakses melalui bekup.kemenparekraf.go.id. Pendaftar dapat berasal dari seluruh wilayah di Indonesia, dengan rangkaian kegiatan yang dimulai dari Kick Off pada tanggal 2 Maret 2023 di Jakarta, dilanjutkan dengan roadshow offline di Bandung pada 10 Maret 2023, Semarang tanggal 14 Maret 2023 dan Surabaya pada 17 Maret 2023. 


Mengusung tiga pilar utama yang menjadi peran penting terlaksananya BEKUP 2023, yaitu Accelerate, Grow the Ecosystem, dan Collaboration, Program BEKUP memiliki harapan besar atas perkembangan startup digital sehingga dapat mendongkrak perekonomian Indonesia kedepannya. 



BEKUP 2023 secara resmi telah diluncurkan dengan Kick Off yang dilaksanakan pada 2 Maret 2023 secara hybrid di Jakarta melalui akun Youtube resmi Kemenparekraf RI. Kick Off dibuka oleh Sandiaga Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Muhammad Neil El Himam, selaku Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 




Sesi panel Kick Off BEKUP 2023 mendiskusikan terkait program dan perkembangan startup bersama Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf, Makka Kesuma selaku CTO Startups Microsoft, dan Syifa Alsakina selaku Co-Founder & CMO Mecapan, serta dimoderatori oleh Amalia Aini selaku Chief Business & Ecosystem KUMPUL.ID. 


“Saya berharap melalui program ini kita semua dapat mengambil peran dalam penciptaan solusi inovatif dan modern untuk menghadapi setiap tantangan yang ada, guna mendukung dan mendorong ekosistem startup digital Indonesia dalam merealisasikan optimisme ekonomi nasional di 2023,” lanjut Sandiaga Uno. 


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 


Republik Indonesia adalah Kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kemenparekraf/Baparekraf dipimpin oleh seorang Menteri yang dijabat oleh Sandiaga Salahuddin Uno dan Wakil Menteri, Angela Tanoesudibjo. 


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki visi menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata kelas dunia. Untuk itu, Kemenparekraf memiliki misi mengembangkan destinasi pariwisata kelas dunia dan melakukan pemasaran dengan berorientasi kepada wisawatan. Selain itu, Kemenparekraf juga fokus pada pengembangan lingkungan dan kapasitas industri pariwisata di Indonesia yang berdaya saing tinggi. Sementara di bidang ekonomi kreatif, sektor yang disebut menjadi tulang punggung negara, Kemenparekraf memiliki tugas untuk menyinergikan kerja sama antara para inventor dengan investor. 


Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi www.bekup.kemenparekraf.go.id & @bekup.baparekraf .

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama