2022, Lippo Cikarang Bukukan Pendapatan Rp 1,27 Triliun

BEKASI, suarapembaharuan.com - PT Lippo Cikarang Tbk membukukan pendapatan sebesar Rp 1,27 triliun selama tahun 2022. Hal itu, berdasarkan laporan keuangan perusahaan dari segmen residensial serta industrial.


Foto: PT Lippo Cikarang Tbk meluncurkan Newville pada 26 November 2022 lalu. Ist

CEO PT Lippo Cikarang Tbk, Rudy Halim, mengungkapan penjualan dari segmen rumah hunian dan apartemen masih menjadi kontributor utama dengan proporsi 41 persen dari total pendapatan 2022. 


“Penjualan rumah hunian mendominasi total pendapatan atau senilai Rp 397 miliar,” kata Rudy Halim dalam keterangan tertulis Rabu (19/4/2023).


Menurutnya, pada tahun 2021 pendapatan didominasi dari penjualan apartemen dengan proporsi 51 persen dari total pendapatan.


“Perseroan mampu mempertahankan kestabilan laba kotor di angka Rp 672 miliar dengan perubahan bauran pendapatan yang didominasi pendapatan rumah tapak. Perubahan ini, meningkatkan margin laba kotor perseroan menjadi 53 persen dari 37 persen tahun lalu,” ujarnya.


Dirinya menyebut, meskipun beban usaha mengalami kenaikan sebesar 8 persen dibanding tahun sebelumnya, beban usaha tahun 2022 masih berada pada tingkat yang sehat dengan nilai total sebesar Rp 271 miliar.



“Kenaikan ini, seiring meningkatnya aktivitas perusahaan setelah pandemi Covid-19. Satu hal yang juga membanggakan, perseroan pun sukses meningkatkan performa EBITDA dengan tingkat margin yang lebih baik menjadi 34 persen dibandingkan tahun sebelumnya, di level 25 persen. Selama 2022, perseroan berhasil mencatatkan EBITDA dengan nilai Rp 426 miliar,” tuturnya.


Rudy mengaku, pencapain prapenjualan dari rumah tapak juga didorong peluncuran perdana seri rumah tapak Cendana Homes di Cikarang, Kabupaten Bekasi dengan merek dagang Cendana Spark yang memiliki lokasi strategis di depan Central Park.


Dia menambahkan, peluncuran produk ini sebagai jawaban tingginya permintaan para pembeli milenial yang membutuhkan rumah pertama dengan desain modern namun tetap mewah.


Serah terima Cendana Spark dijadwalkan pada 18-24 bulan sejak peluncuran produk yang dilakukan pada September 2022. 


Selain itu, peseroan juga meluncurkan produk apartemen low rise dengan merek dagang Newville.


“Lippo Cikarang dikenal sebagai kota pilihan untuk tinggal di koridor timur Jakarta dengan budaya multikultural Jepang, Korea, dan Cina. Untuk memenuhi keunikan ini, perseroan meluncurkan Newville pada 26 November 2022 dengan konsep baru apartemen low rise yang menyatu dengan blok komersial,” ungkapnya.


Pihaknya tetap melihat banyak peluang pertumbuhan di industri properti.


"Ke depan, kami tetap mempertahankan momentum pertumbuhan ini, melakukan bauran produk yang tepat serta terus melanjutkan pembangunan untuk dapat melakukan serah terima tepat waktu kepada para konsumen,” pungkasnya. (MAN)


Kategori : News


Editor     : AHS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama