Pangdam I/Bukit Barisan Kunjungi Pabrik Pengolahan Ikan Tilapia Regal Springs Indonesia

SERGAI, suarapembaharuan.com - Regal Springs Indonesia (PT Aqua Farm Nusantara) menyambut kunjungan Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Ahmad Daniel Chardin dan rombongan di pabrik pengolahan ikan Tilapia Regal Springs Indonesia Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Selasa (4/4,/2023). 


Ist

Kunjungan dari Pangdam I/Bukit Barisan ini adalah dalam rangka rangkaian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dari operasional kewilayahan Pangdam, meningkatkan hubungan kerjasama di antara kedua belah pihak, serta memperkenalkan operasional pengolahan ikan Tilapia yang diakhiri dengan agenda berbuka puasa bersama. 


Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Ahmad Daniel Chardin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk saling bersilaturahmi. 


“Salah satu fungsi kami adalah pembinaan potensi teritorial, dan area Serdang Bedagai ini adalah termasuk wilayah yang perlu kami perhatikan potensi-potensi yang ada di dalamnya. Ke depannya kami berharap adanya kolaborasi dan kerjasama di antara kedua pihak, seperti pelatihan dan program sosial lingkungan, agar terciptanya keamanan yang kondusif melalui sumber daya manusia kami,” kata Pangdam.



Penyambutan kunjungan Regal Springs Indonesia diwakili oleh Komisaris Independen Regal Springs Indonesia Marsda (Purn) Prayitno Ramelan. Dalam sambutannya Prayitno menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan silaturahmi yang terjalin 


“Kami sangat bangga menjadi salah satu perusahaan di Sumatera Utara yang mendapat kunjungan dari Pangdam I/Bukit Barisan. Kami berharap kunjungan ini dapat menciptakan dan memperkuat sinergitas yang harmonis dan berkelanjutan di berbagai bidang. Tidak hanya untuk mendukung program pemerintah, di antaranya menciptakan lapangan kerja, juga untuk peningkatan ekonomi, dimana ekspor Tilapia menghasilan devisa bagi Indonesia,” jelas Prayitno. 


Upaya Regal Springs Indonesia untuk memberikan kontribusi salah satunya adalah lapangan kerja untuk masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan baik di Sergai maupun penduduk di Danau Toba. 


Melalui factory visit, Pangdam beserta rombongan melihat langsung alur dan proses pengolahan ikan Tilapia, seperti area receiving, filleting, skinning, trimming, grading, layering, packing, cold storage, value added area dengan pekerja lebih dari 1.500 orang karyawan di Kabupaten Serdang Bedagai. 


Processing Plant Director Regal Springs Indonesia, Sri Rusmianawati menjelaskan program-program akuakultur yang berkelanjutan serta pengolahan ikan Tilapia yang mengedepankan proses yang terintegrasi dan ramah lingkungan. 



“Saat ini kami mengolah sekitar 110 - 120 ton ikan Tilapia/hari yang diproduksi menjadi beberapa produk untuk memenuhi permintaan ekspor dan domestik di antaranya fillet, loin, portion, kepala ikan dan produk sampingan yang dapat diolah dan dimanfaatkan oleh industri lain untuk meningkatkan sirkulasi dan komitmen terhadap zero waste. Seperti sisik ikan yang dimanfaatkan untuk kitosan dan industri komestik, isi perut untuk bio diesel dan kulit untuk gelatin,” ujar Ana. 


Dalam kunjungan ini, Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Ahmad Daniel Chardin didampingi oleh Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Infanteri Luqman Arif, Asintel Kasdam I/Bukit Barisan Kolonel Infanteri Robianto Gadji.


Kemudian As Ops Kasdam I/Bukit Barisan Kolonel Infanteri Hindratno Devidanto, Aster Kasdam I/ Bukit Barisan Kolonel Arhanud Dedi Hermanto, Komandan Kodim 0201 / Medan Kolonel Infanteri Ferry Muzawwad dan Komandan Kodim 0204/Deli Serdang Letnan kolonel Czi Yoga Febrianto. 


Tentang Regal Springs Indonesia Regal Springs Indonesia adalah pelopor bisnis budidaya ikan secara bertanggung jawab di Indonesia dan merupakan salah satu perusahaan pangan yang memperkerjakan lebih dari 2,000 karyawan di Sumatera Utara yang beroperasi sejak 1989. 


Tahun 2018, Regal Springs Indonesia meluncurkan program Tanggung jawab Sosial dan Keberlanjutan “KAMI PEDULI” yang berfokus pada tiga pillar; Lingkungan, Sosial dan Ekonomi. Ini adalah program berkelanjutan terpadu pertama untuk budidaya ikan Tilapia. 


Dalam setiap operasinya, Regal Springs Indonesia selalu mengedepankan kelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Hal ini terbukti dengan pencapaian Regal Springs Indonesia menjadi produsen ikan Tilapia pertama di dunia yang menjalankan operasionalnya dengan bertanggung jawab sesuai standar Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), Aquaculture Stewardship Council (ASC) dan GAA BAP.


Kategori : News


Editor     : ARS



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama