Agus Prayogo: Garmin Run 2023 Jadi Ajang Regenerasi dan Cetak Atlet Lari

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Atlet lari jarak jauh andalan Merah Putih, Agus Prayogo menilai ajang Garmin Run Indonesia 2023 bisa menjadi wadah untuk meregenerasi sekaligus mencetak atlet lari Indonesia.



Garmin Run sebelumnya digelar pada 2019 lalu dan terhenti karena pandemi global Covid-19. Kali ini, Indonesia menjadi bagian dari tur di lima negara Asia bersama Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Taiwan.


Nantinya, acara ini akan dihelat di Uptown Park Summarecon Mall Serpong, Tangerang, pada 24 September mendatang. Bertema 'From Zero to Hero', Garmin Run Indonesia 2023 menawarkan nomor lari 5 kilometer, 10 kilometer, half marathon, dan anak.


"Regenerasi atlet itu perlu. Sebab sudah beberapa atlet yang muncul bukan dari pelatihan nasional. Ini pengalaman saya kemarin di SEA Games (2023) kemarin, banyak atlet-atlet nasional baru berkat adalah satunya dari event lari yang ada di Indonesia, event lari jalanan," katanya dalam konferensi pers Garmin Run Indonesia 2023 di GBK Senayan Jakarta, Rabu (21/6/2023).


Ia sendiri mengaku lahir sebagai atlet yang mengejar kompetisi di jalan raya. Makin banyak kompetisi, maka makin banyak atlet yang lahir dan tercipta.


Menurutnya, hal itu bisa dilihat hampir setiap pekan ada nama-nama seperti Robi Sianturi, Odekta Naibaho, Rikki Martin Simbolon. Mereka bukan murni atlet binaan PB PASI, tetapi muncul dari event seperti ini.


"Maka dengan semakin banyak kompetisi, otomatis latihan akan lebih bagus lagi sehingga ajang seperti ini menjadi salah satu cara untuk meregenerasi atlet," ungkap peraih 7 medali emas SEA Games tersebut.


Nama-nama yang disebutkan oleh Agus di atas juga menyumbang medali di SEA Games 2023 untuk Indonesia. Rikki meraih emas di nomor 10.000 meter putra, sedang Odekta di maraton putri, sementara Robi meraih perunggu di nomor 5.000 meter putra.


Pengoleksi 7 medali emas itu juga tidak bisa lama-lama merayakan medali emas SEA Games 2023 Kamboja yang direbutnya pada Mei lalu. Dia langsung mengalihkan fokus ke persiapan Asian Games.


Agus secara otomatis mendapatkan tiket ke Pelatnas Asian Games, setelah memastikan medali emas SEA Games di nomor maraton. Merujuk jadwal, Asian Games 2023 akan berlangsung di Hangzhou, Tiongkok, pada 23 September sampai 8 Oktober.


Garmin Indonesia Marketing Communication Manager, Rian Krisna menyebut pihaknya juga akan terus mendukung atlet-atlet nasional.


"Ketika ada perkembangan dari atlet atau bibit baru tentunya Garmin nanti akan mendukung. Hanya saja hingga saat ini saya belum bisa menginformasikan bentuknya seperti apa. Tetapi Garmin telah memiliki track record dari sebelumnya untuk memberi dukungan baik ke atlet lokal maupun nasional," ucap Rian.


Garmin Run memiliki visi untuk menyatukan semua pelari dari semua tingkat keahlian, mulai dari pelari kasual hingga atlet kompetitif secara bersamaan dalam sebuah perayaan lari. Dengan berpartisipasi dalam acara ini, para pelari dapat tetap aktif, menjaga gaya hidup sehat dan kebugaran serta terhubung dengan komunitas yang dinamis.


“Garmin, sebagai pemimpin pasar smartwatch kebugaran dan lari, dengan bangga mendukung perjalanan penuh makna dari para pelari. Misi kami adalah memberdayakan setiap atlet, mulai dari pemula hingga pelari elit, dengan alat inovatif yang meningkatkan performa dan semangat mereka," ucap dia. 


"Sebagai penggagas Garmin Run, kami berkomitmen untuk menyediakan navigasi GPS yang akurat dan andal, metrik pelatihan yang berwawasan, dan umpan balik langsung, yang memungkinkan pelari mendorong batasan mereka dan mencapai kemampuan terbaik mereka. Bersama-sama, kami merayakan semangat tak tergoyahkan para pelari dan menginspirasi mereka untuk menaklukkan cakrawala baru, selangkah demi selangkah,” ujar Alicia Cheng, Marketing Manager Garmin Indonesia.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama