Wagub Ijeck Ingatkan Pengembang Perumahan Jaga Tata Ruang

MEDAN, suarapembaharuan.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi Asosiasi Pengembang Perumahan Seluruh Indonesia (Apersi) Sumut yang telah banyak memberi sumbangsih dalam pembangunan daerah, memenuhi tempat tinggal untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).


Ist

Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah juga berharap seluruh pengembang yang tergabung dalam Apersi Sumut, untuk terus bersemangat dalam membangun rumah layak huni bagi masyarakat dan tentunya dengan memenuhi penataan ruang yang bijaksana.

 

“Sedikit masukan untuk kawan-kawan Apersi semuanya dalam membangun rumah, walaupun ini rumah subsidi tidak semata-mata hanya membangun saja, kami berharap penempatan rumah untuk pembangunan ini juga harus disesuaikan dengan tata ruang yang telah disiapkan pemerintah,” katanya saat membuka Rakerda III Apersi Sumut di Hotel Grand Mercure, Kamis kemarin.

 

Ijeck berharap kepada kepala daerah untuk membuat kebijakan dalam bidang perumahan dan kawasan permukiman dengan berpedoman pada tata ruang kota dan tidak mengabaikan keberadaan prasarana, sarana serta utilitas (PSU) air minum dan sanitasi yang baik.

 

“Jangan sampai ada daerah yang tak layak dibangun perumahan, tapi  karena harga murah tetap dilakukan. Kami mohon diperhatikan juga Fasumnya, jangan sampai ada perumahan yang pembuangan airnya belum tersedia, karena nanti berdampak pada masalah lingkungan dan kedua juga akan membebani penghuni rumah,” kata Ijeck.

 

Ia juga mengingatkan para pengembang untuk tidak memanfaatkan lahan pertanian produktif untuk mengembangkan perumahan. “Daerah-daerah subur untuk tanaman jangan sampai beralih fungsi dengan perumahan karena lahan tersebut bisa menopang ketahanan pangan kita,” katanya.

 

Lanjutnya, semua orang berharap punya tempat tinggal apalagi yang sudah berkeluarga. “Ini tugas kita bersama, pemerintah terus berupaya memberikan program penyaluran pembiayaan yang mudah dan murah untuk mendapatkan perumahan, misalnya Tapera untuk ASN dan Apersi menyediakan hunian yang layak,” tutup Ijeck.

 

Sementara itu,  Wakil Ketua Umum DPP Apersi Deddy Indra Setiawan berharap kegiatan ini menjadi satu momentum untuk meningkatkan produksi dan penjualan rumah di semester kedua di tahun 2023.

 

“Apalagi mitra kerja Apersi sudah mulai berbenah meningkatkan pelayanan contoh seperti PLN yang sudah menghilangkan biaya investasi untuk setiap penyambungan rumah baru, kemudian ditambah lagi teman-teman perbankan juga meningkatkan pelayanan, mulai berlomba-lomba untuk merealisasikan KPR subsidi jadi ini peluang yang baik,” katanya.

 

Deddy juga menyampaikan pesan seluruh  anggota Apersi terkait kemudahan perizinan dalam penyediaan rumah subsidi. Ia juga meminta Pemerintah Provinsi Sumut untuk menyosialisasikan program Tapera bagi ASN.

 

“Kami juga mohon kepada Pak Wagub terkait biaya-biayanya ini karena rumah subsidi Pak tolong diminimalisir bukannya kami ingin untung banyak, tapi sesungguhnya kami ingin memberikan produksi dan kualitas rumah yang lebih baik untuk masyarakat,” tutupnya.

 

Hadir juga dalam acara Ketua DPD Apersi Sumut HM Yulius beserta Sekretaris Abdul Muhsin Hamzah dan Bendahara Deni Surya.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama