DPD RI Dukung PERAN Indonesia Bangun Ekosistem UMKM Terintegrasi

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) mendorong kebijakan mempercepat digitalisasi UMKM perlu terus didorong.  



DPD RI mendukung langkah Perkumpulan Andalan Nahdliyin (PERAN) UMKM Indonesia untuk membangun ekosistem UMKM yang terintegrasi. 


Demikian disampaikan Ketua Dewan Pembina PERAN UMKM Indonesia, K.H M. Endy S. Lesmana, ditemui wartawan usai diterima Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattaliti, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/8/2023).


"Jadi UMKM memang memiliki peran strategis untuk membangun perekonomian nasional, karena itu butuh kolaborasi dan sinergi dengan DPD RI," kata Gus Hendy, sapaan akrabnya.


"Kekuatan dan ketahanan UMKM ini sangat luar biasa dalam menghadapi krisis ekonomi. Lihat saja, saat Krismon 98 dan Pandemi Covid-19, mereka tetap eksis luar biasa," lanjutnya.


Gus Hendy menjelaskan PERAN UMKM Indonesia memiliki jumlah anggota sekitar 5 juta pelaku usaha UMKM yang tersebar di  20 DPW dan 50 DPC Kabupaten-Kota seluruh tanah air.  


"Pada umumnya, UMKM ini tetap bertahan meskipun dalam keadaan gempuran ekonomi yang demikian keras tetapi UMKM tetap bisa mandiri bahkan eksis serta mampu memberikan sumbangsih terbesar pada ekonomi," ujarnya.



Gus Hendy menambahkan, UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja. 


"UMKM juga dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian," ucapnya.


Sementara itu, Ketua umum PERAN UMKM Indonesia Nasetiawan meminta, DPD RI agar memberikan akses kemudahan, baik itu permodalan maupun pengurusan perizinan. 


"UMKM Kita ada yang bergerak di sektor kuliner, kerajinan, produksi pangan, agribisnis, kelautan dan lain-lainnya. Kami sampaikan kepada Ketua DPD tentang keluhan-keluhan para UMKM di seluruh Indonesia,  terutama masalah perizinan yang agak sulit dan Alhamdulillah mendapat respon positif dari beliau, semoga saja UMKM Indonesia bangkit ke depan," ujarnya.


Terkait respons Ketua DPD RI, baik Gus Hendi maupun Nasetiawan mengatakan bahwa pihak diterima dengan baik oleh Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti.


DPD RI juga terus berkomitmen meningkatkan pengembangan UMKM. Karena itu, DPD siap bersinergi dengan memberikan berbagai arahan dan masukan.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama