Ganjar Promosikan Produk UMKM Asal Jateng di Banjarmasin

BANJARMASIN, suarapembaharuan.com - Ratusan produk UMKM unggulan dibawa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ke Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk ditampilkan dalam Dekranasda Jateng Expo 2023. Pameran yang digelar di Atrium Duta Mall Banjarmasin, Jumat (28/7/2023) ini, semua produknya laris manis diburu pembeli. 


Ist

Bukan hanya menampilkan produk fesyen dan handycraft, pameran yang berlangsung 28-30 Juli 2023 ini juga menjual beragam olahan makanan. "Ini adalah Megono, biasanya orang hanya bisa makan di warung-warung di Pekalongan. Tapi dengan pendampingan dan pelatihan yang terus kita berikan, sekarang sudah bisa dinikmati warga Kalsel," kata Gubernur saat memperkenalkan produk Megono dalam kemasan kaleng.


Pada pemeran itu stand dari Jateng diikuti 34 booth. Bersama Ketua Dekranasda Jateng yang juga istrinya, Siti Atikoh, Ganjar mengenalkan ratusan produk asli Jawa Tengah. Misalnya keramik asal Boyolali, minyak wangi Atsiri asal Karanganyar, batik dari Pekalongan dan aneka produk lainnya.


"Ini lurik Ganjar, terkenal karena saya pakai. Sekarang laku keras. Ini keramik dari Boyolali yang keren, ada juga minyak wangi Atsiri.Semua produk yang kami bawa ini, adalah produk unggulan kami dari Jateng yang sudah naik kelas," jelasnya.


Dekranasda Expo 2023 yang digelar di Kalsel ini, lanjut Ganjar, merupakan salah satu bagian dalam pendampingan dan pengembangan UMKM Jawa Tengah agar naik kelas. Selain untuk ajang promosi dan berjualan, event ini juga digelar agar UMKM Jateng belajar ke daerah lain, termasuk Kalsel.


"Jadi kita bisa kolaborasi dengan produk UMKM Kalsel. Kita bisa saling belajar design, marketing dan lainnya agar UMKM kita semakin naik kelas bahkan sampai ekspor," pungkasnya.


Di lain sisi, Ketua Dekranasda Jateng, Siti Atikoh mengatakan, Dekranasda Expo 2023 merupakan acara rutin yang digelar. Tidak hanya di Jateng, Dekranasda Expo memang selalu digelar di sejumlah daerah di Indonesia. Seperti Kaltim, Palembang, Makassar dan daerah lainnya.


Selama perhelatan berlangsung, produk UMKM Jateng, lanjut dia, memang selalu laris di pasaran. Terbukti dengan nilai transaksi dari setiap event selalu meningkat. "Penyelenggaraan 2018 kami mendapat Rp683 juta, 2019 total transaksi Rp800 juta dan di Makassar tahun 2022 total transaksi Rp1,2 miliar," jelasnya.


Salah satu warga Kalsel, Bertha mengaku senang dengan adanya Dekranasda Expo 2023 yang digelar Pemprov Jateng di Banjarmasin. Menurutnya, banyak produk UMKM Jateng yang menarik dan bisa menjadi koleksi.


"Produknya banyak yang menarik, kelasnya sudah eksport. Jadi saya senang dengan adanya pameran ini. Selain produk fesyen dan handycraft, juga ada produk olahan makanan. Senang saya bisa ketemu Megono, makanan yang pasti saya cari kalau ke Jawa," jelasnya.


Dalam kesempatan itu, hadir pula Ketua umum Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Jateng, Nawal Nur Arafah Taj Yasin, Sekda Kalsel Roy Rizali, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina beserta istri, dan sejumlah Ketua Dekranasda kabupaten kota di Jateng.


Kategori : News


Editor      : YZS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama