Pegawai PDAM Tirta Bhagasasi Dalami Seluk Beluk Manajemen Operasi SPAM

BEKASI, suarapembaharuan.com - Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi diberikan materi pelatihan tentang “Melaksanakan Sistem Manajemen Operasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)” yang dibawakan Hari Sundana pada hari kedua pelatihan. 


Foto: Pelatihan dengan topik melaksanakan sistem manajemen operasi SPAM oleh Hari Sundana pada Selasa (8/8/2023).

Para pegawai diajak mendalami seluk beluk tentang manajemen operasi SPAM mulai dari metode pemeliharaan alat, mengatasi kebocoran pipa hingga melakukan tindakan solutif terhadap persoalan yang dihadapi.


“Metode pemeliharaan dilakukan melalui pemeliharaan secara prediktif dan preventif,” kata Hari Sundana pada Selasa (8/8/2023).


Dia menjelaskan, metode pemeliharaan secara prediktif dapat dilaksanakan dengan menerapkan analisa getaran di mesin-mesin SPAM atau bisa juga dengan menggunakan teknologi canggih seperti infrared thermography dan sebagainya.


“Pemeliharaan preventif pada jaringan pipa sulit dilakukan karena pada umumnya pipa ditanam di dalam tanah,” ungkap Hari Sundana yang juga mantan Manajer Senior Operasional Teknik Perumda Tirta Raharja Kabupaten Bandung.


Menurutnya, mengatasi kebocoran pipa yang ditanam di dalam tanah, salah satunya dengan sistem monitoring berbasis komputerisasi, SCADA.


“Tindakan perbaikan untuk memperbaiki penyimpangan sehingga operasi dan pemeliharaan berjalan normal,” imbuhnya. (MAN)


Kategori : News


Editor     : ARS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama