PT Rigunas Agri Utama Lakukan Perbaikan Jalan Antardesa di Kecamatan Sumay

TEBO, suarapembaharuan.com – PT Rigunas Agri Utama, Kebun Bungo Tebo, unit bisnis Asian Agri mengalokasi program CSR (Coorporate Social Responsibility) untuk perbaikan jalan antar desa di Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Jambi.



Hal ini karena perbaikan jalan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Tuo Sumay dan Desa Pagar Puding, untuk mempermudah akses transportasi keluarnya hasil bumi dan juga aktivitas kerja dan sekolah anak-anak desa.


"Melihat kondisi jalan antar Desa Sumay dan Desa Pagar Puding yang kondisinya banyak berlubang, padahal jalan ini merupakan  akses utama bagi kedua desa untuk melakukan aktivitas perekonomian maupun sekolah. Maka perusahaan melalui program CSR-nya melakukan perbaikan jalan antar desa tersebut. Adapun panjang jalan yang diperbaiki kurang lebih 15 Km. Teknis pelaksanaan perbaikan jalan adalah perusahaan menurunkan alat berat  untuk menutup lubang-lubang yang ada dijalan dengan material perbaikan jalan,” ujar Humas PT.RAU Kebun Bungo Tebo, Ahmad Bastari pada hari  Jumat, 21 Juli 2023.


“Kami berharap perbaikan jalan ini dapat maksimal digunakan, sehingga masyarakat dan anak-anak sekolah tidak kesulitan lagi untuk beraktivitas. Selain itu  hasil perkebunan warga juga dapat lancar terkirim  dan lebih cepat sampai pasar, demikian juga anak sekolah dapat pulang-pergi ke sekolah lebih aman dan nyaman," imbuhnya.


Sementara itu, Ketua Pemuda Desa Tuo Sumay mewakili masyarakat, Alimudin berterima kasih kepada PT. RAU Kebun Bungo Tebo. 


"Perbaikan jalan ini sangat kami butuhkan dan masyarakat mengucapkan terimakasih pada PT RAU Kebun Bungo Tebo  yang telah menurunkan alat berat dan memberikan bantuan material perbaikan jalan desa kami. Sekali lagi terimakasih, semoga pihak perusahaan tidak bosan-bosan membantu kami warga Desa Tuo Sumay.


Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang siswa yang berasal dari Desa Tuo Sumay, Fikri  yang juga bersyukur atas adanya perbaikan jalan yang dilakukan perusahaan.


“Kami bersyukur sekali jalan rusak di desa kami sudah diperbaiki oleh PT RAU KebunBungo Tebo, karena kami sehari-hari kan lewat sini. Kalau jalan berlubang membuat kami yang biasa naik sepeda motor mengalami kesulitan karena kerap harus menghindari lubang agar tidak terjatuh. Kadang hampir semua badan jalan berlubang sehingga kami harus sangat berhati-hati.  Sekarang jalan sudah bagus,  kami senang bisa berkendara dengan lancar karena jalannya sudah diperbaiki,” ujar Fikri.


Sementara itu, Koordinator CSR Asian Agri Wilayah Jambi, Rudy Jasthon menyampaikan bahwa di tahun 2023 ini, selain melakukan perbaikan jalan PT RAU Kebun Bungo Tebo  juga sudah melakukan beragam kegiatan CSR di Tahun 2023.


“Selain perbaikan jalan antar desa yang baru saja kita lakukan, PT RAU Kebun Bungo Tebo  juga sudah melakukan program CSR  berupa bantuan kegiatan hari besar nasional / keagamaan; bantuan perbaikan tempat ziarah makam tuo Desa Teluk Kasai Rambahan dan bantuan sarana air bersih sumur bor di Desa Dusun Ulu  Gedung Desa Tuo Sumay. Adapun program CSR yang kami jalankan senantiasa kami selaraskan sesuai kebutuhan masyarakat dan kemampuan perusahaan. Harapan kami kiranya seluruh bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Rudy.


Tentang Asian Agri


Asian Agri merupakan salah satu perusahaan swasta nasional terkemuka di Indonesia yang memproduksi minyak sawit mentah (CPO) sejak tahun 1979. Hingga kini Asian Agri mengelola 100.000 hektar kebun kelapa sawit dan mempekerjakan lebih dari 20.000 orang.


Sebagai perintis program Pemerintah Indonesia Perkebunan Inti Rakyat Transmigrasi (PIR-Trans), Asian Agri telah bermitra dengan 30.000 petani plasma di Riau dan Jambi yang mengelola 60.000 hektar kebun kelapa sawit, serta membina kemitraan dengan petani swadaya untuk membawa dampak positif terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi petani.


Dengan menerapkan kebijakan tanpa bakar dan praktik pengelolaan kebun secara berkelanjutan, Asian Agri membantu petani mitra untuk meningkatkan produktivitas, hasil panen, kemamputelusuran rantai pasok, sekaligus mendukung mereka memperoleh sertifikasi. Pabrik Asian Agri menerapkan teknologi terbaik memanfaatkan energi hijau yang dihasilkan secara mandiri, dalam rangka meminimalisasi emisi gas rumah kaca.


Seluruh unit bisnis dalam naungan Asian Agri telah memperoleh sertifikat ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil). Saat ini perkebunan inti Asian Agri di Provinsi Sumatera Utara, Riau & Jambi serta perkebunan petani plasma di Provinsi Riau & Jambi telah 100% bersertifikat RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil). Pada saat yang sama, ISCC (International Sustainability & Carbon Certification) telah dicapai oleh seluruh kebun baik yang dimiliki oleh Asian Agri maupun petani binaannya. 


Keberhasilan Asian Agri menjadi salah satu perusahaan produsen CPO terkemuka telah diakui secara internasional dengan sertifikasi ISO 14001 untuk semua operasinya. Learning Institute di Pelalawan, Riau, serta pusat pembibitan di Kampar, Riau, juga telah bersertifikat ISO 9001. Selain itu, pusat penelitian dan pengembangan Asian Agri di Tebing Tinggi juga telah memperoleh sertifikasi oleh International Plant - Analytical Exchange di lab WEPAL di Wageningen University di Belanda, untuk standar yang tinggi.


Kategori : News


Editor      : ARS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama