United E-Motor Salah Satu Solusi Atasi Polusi Udara

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik menjadi salah satu solusi untuk mengatasi pengurangan polusi udara di DKI Jakarta dan sekitarnya. 


Foto : Direktur Utama PT Terang Dunia Internusa (TDI) produsen motor listrik United E-Motor, Stephen Mulyadi saat test didampingi oleh Direktur TDI Henry Mulyadi. (Istimewa)

Hal itu ditegaskan Direktur Utama PT Terang Dunia Internusa (TDI) produsen motor listrik United E-Motor, Stephen Mulyadi dalam keterangannya pada Jumat (18/8/2023). Ini sejalan dengan target pengurangan emisi karbon melalui strategi end-to-end melalui merek ternama United.


Ia pun optimis, penggunaan kendaraan listrik mampu mengurangi polusi udara di Jabodetabek.


Dipaparkan, pada 2022, jumlah sepeda motor pengguna BBM di Jakarta lebih dari 17 juta unit, dan menjadi salah satu penyumbang polusi terbesar di ibukota. 


“Untuk itu, peralihan sepeda motor BBM ke sepeda motor listrik akan cenderung mengurangi polusi udara secara signifikan,” tegas Stephen.


Indonesia menegaskan komitmen mengurangi emisi karbon untuk menjaga kenaikan suhu global dengan menaikkan target enhanced nationally determined contribution (E-NDC) menjadi 32% atau setara dengan 912 juta ton karbon dioksida (CO2) pada 2030. Target ini lebih tinggi dari sebelumnya pengurangan emisi karbon 29% atau setara dengan 835 juta ton CO2.


Hal senada diungkap Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya saat menghadiri fun ride yang digelar Asosiasi Industri Sepeda Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta Minggu (13/8). Dia mengimbau masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik. 



“Kalau penggunaannya masif, diharapkan bisa menurunkan polusi terutama di kota-kota besar,” jelas Budi.


Budi mengatakan, Presiden Joko Widodo terus mendorong pemakaian kendaraan listrik untuk sarana transportasi publik, serta mengurangi konsumsi bahan bakar fosil. 


Salah satunya dengan mengakselerasi industri sepeda motor listrik, baik kendaraan baru maupun konversi.


Seperti diketahui, polusi udara di Jakarta menjadi sorotan belakangan ini. Situs IQAIR.com merilis, kualitas udara DKI Jakarta menembus angka 152 AQI US pada Senin (14/8). Sedangkan di hari Selasa (15/8) mencapai 162 AQI US yang menempatkan Jakarta pada urutan kedua kota dengan polusi terburuk di dunia.


Kondisi tersebut tentu memaksa pemerintah untuk mengambil upaya dalam mengatasi kualitas udara yang kian memburuk. Dalam Ratas (rapat terbatas) yang dilakukan bersama jajaran menterinya di Istana Kepresidenan pada Senin (14/8), Presiden Jokowi mengeluarkan beberapa arahan dalam upaya untuk mengurangi polusi udara di ibu kota.


PT TDI merupakan perusahaan lokal yang menaungi merek sepeda United Bike dan motor listrik United E-Motor. Hingga saat ini, mereka telah merilis empat tipe motor listrik dari United E-Motor, yaitu T-1800, TX-1800, TX3000 dan MX-1200. PT TDI sangat serius dalam mengembangkan produk motor listrik yang sangat ramah lingkungan, serta memiliki teknologi yang ter-up-to-date dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. 


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama