AC Tanpa Listrik Asal India Ikuti IREIS 2023 yang Digelar PT Shan Hai Map

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Setelah para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika mengembangkan mesin pendingin ruangan atau AC tanpa listrik pada tahun 2022 lalu, saat ini India juga tengah merancang Air Conditioner (AC) yang dinamakan Cool Ant juga tanpa tenaga listrik.



Cool Ant ini diciptakan oleh pendiri Ant Studio yang bernama Monish Kumar Siripurapu. AC ini modelnya menyerupai sarang lebah yang terdiri atas slilinder terakota yang ditumpuk dan digabung satu sama lain.


Menurut Lina selaku ketua panitia penyelenggara Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023, tumpukan tersebut dilapisi oleh struktur baja tahan karat yang bentuknya melingkar, sehingga tidak membutuhkan listrik dan tidak mengeluarkan polusi.


"AC ini bekerja dengan prinsip pendinginan evaporatif, teknik kuno. Teknik ini mengandalkan air dan bahan berpori seperti terakota untuk menurunkan suhu di sekitarnya," jelas Lina dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (21/9/2023).


Menurut Lina, ketika air merembes melalui lapisan berpori air tersebut akan menguap di permukaan luar dan mendinginkan permukaan dalam mengikuti prinsip pendinginan evaporatif. Pemilik Cool Ant hanya perlu mengisi air sekali atau dua kali sehari karena AC alami tersebut dapat bekerja dengan air daur ulang.


Mengenai AC Cool Ant yang sedang menjadi perbincangan hangat belakangan ini, maka hal tersebut tidak akan jauh dari istilah energi terbarukan. Alat ini merupakan suatu inovasi karena sebelumnya belum ada AC yang dapat berfungsi tanpa energi listrik dan tentu hal ini lebih bersifat ramah lingkungan serta lebih hemat tentunya.


PT Shan Hai Map melihat bahwa dengan mendorong energi terbarukan maka dapat menjaga lingkungan tetap hijau di suatu negara Maka dari itu, perusahaan Shan Hai Map akan menyelenggarakan event yang bertemakan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-14 November di Grand Ballroom Hotel Pullman, Jakarta Barat.


Pada event ini, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran “Energi Terbarukan” di kehidupan manusia pada kehidupan sekarang serta untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang energi terbarukan.


Hal ini tidak hanya dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan memajukan kondisi perekonomian Indonesia namun juga menaruh harapan dengan mendorong energi terbarukan ini dapat lebih ramah lingkungan dengan mengurangi pencemaran udara dan kerusakan lingkungan.


Jika anda tertarik dan merupakan salah satu pelaku bisnis yang berkaitan dengan bidang energi terbarukan, anda dapat mendaftarkan diri anda dan perusahaan anda melalui link dan email dibawah ini : https://forms.gle/CdNueFyrUJ7GrW5S7 event@shmap-tax.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama