Malaysia Luncurkan 6 Cara Terbaru untuk Kembali Menikmati Penang

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Delegasi Penang Malaysia datang ke Indonesia meluncurkan roadshow “Re-Experience Penang in the 6 Newest Ways” atau 6 Cara Terbaru untuk Kembali Menikmati Penang. Ajang promosi ini digelar di dua kota yakni, Pullman Central Park Jakarta dan JW Marriott Surabaya yang bekerjasama dengan Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo).


Foto : Konferensi pers Re-Experience Penang Tourism di Pullman Central Park Jakarta.

CEO Penang Global Tourism, Ooi Chok Yan mengaku pasca pandemi Covid-19 pihaknya terus melakukan perubahan industri pariwisata. Pemerintah Penang tetap optimis dan bersemangat untuk terus menerapkan rencana, tindakan dan promosi guna memastikan keberlangsungan industri dan para pengusaha di bidang pariwisata. 


"Seiring dengan semakin longgarnya kontrol perbatasan internasional di seluruh dunia, upaya promosi untuk mengingatkan wisatawan mancanegara akan keindahan Penang dilanjutkan secara bertahap," katanya Pullman Central Park Jakarta, Selasa (5/9/2023).


Menurutnya, Indonesia selama ini selalu menjadi salah satu pasar terpenting bagi Penang. Sebelum pandemi, tak terhitung banyaknya masyarakat Indonesia yang datang ke pulau ini setiap tahunnya baik untuk tujuan rekreasi, bisnis, medis dan juga pendidikan, sehingga menjadikan kedatangan warga negara Indonesia nomor satu di Penang. 


"Sejak perbatasan kedua negara dibuka kembali, dan untuk memenuhi meningkatnya permintaan perjalanan ke kedua lokasi ini, beberapa maskapai penerbangan telah memulai penerbangan langsung pulang pergi dari Indonesia ke Penang," ungkap Ooi Chok.


Per Juli 2023, tercatat Indonesia kini menjadi negara dengan frekuensi penerbangan langsung terbanyak yaitu 107 penerbangan. Selain itu, Indonesia juga menjadi negara dengan konektivitas kota terbanyak ke Penang yakni Jakarta, Medan, Surabaya dan Banda Aceh. 


Sebanyak 76 penerbangan langsung per minggu dari dan ke Medan dilayani oleh AirAsia, Lion Air, Citilink, dan Firefly. Lalu ada 18 penerbangan langsung setiap minggunya dari dan ke Jakarta dilayani oleh AirAsia dan Batik Air.


Disusul 11 penerbangan langsung per minggu dari dan ke Banda Aceh diterbangi oleh Firefly dan Batik Air, dan 2 penerbangan langsung per minggu dari dan ke Surabaya dilayani oleh AirAsia.


Ketua Umum Astindo, Pauline Suharno menjelaskan pihaknya memiliki perwakilan di hampir seluruh daerah di Tanah Air melihat adanya suatu kesempatan dan momentum yang baik untuk menggelar roadshow "Experience Penang" di Jakarta dan Surabaya. 


"Roadshow diisi dengan agenda presentasi update terkini oleh Penang Tourism serta sesi table top atau business to business (B2B), agar para travel agent di Jakarta dan Surabaya mendapatkan informasi terkini secara langsung dari para pelaku usaha pariwisata Penang. 20 delegasi dari Penang bergabung dalam roadshow pertama yang diselenggarakan oleh Penang Global Tourism di Indonesia pasca pandemi Covid-19," papar dia.


Dikatakan, pihaknya ingin memajukan bisnis anggotanya lewat berbagai kegiatan seperti Astindo Travel Fair, Travel Mart, Training, Sertifikasi Kompetensi, roadshow NTO dan lain sebagainya. 


Ia menjelaskan bahwa delegasi Penang ke Indonesia terdiri dari beragam pelaku bisnis pariwisata, yaitu hotel, atraksi, travel agent, rumah sakit, wedding organizer, shopping mall dan agen dari program "Malaysia My Second Home". 


Para delegasi Penang diharapkan akan menunjukkan beragam hal yang menarik dan terbaru di Penang, yang nantinya akan membawa wisatawan untuk datang dan mengeksplorasi potensi wisata Penang yang tak terbatas.


"Dengan kegiatan roadshow ke Indonesia ini, Penang Tourism berharap kegiatan promosi selain dapat membantu membangkitkan dan mengaktifkan kembali kunjungan wisata ke berbagai destinasi di Penang. Ini juga untuk memperkuat hubungan bisnis antar pengusaha di Penang dan Indonesia, agar semakin berkembang ke depannya," pungkas Pauline Suharno. 


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama