Tingkatkan Konektivitas Digital Indonesia Lewat Jaringan Kabel Bawah Laut

JAKARTA, suarapembaharuan.com – PT CCSI Konektivitas Digital (CCSIKD), anak perusahaan dari PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk, (CCSI), PT Pracheta Nusa Telekom (Pracheta), anak perusahaan dari PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) dan Mitsui & Co., Ltd-Jepang (Mitsui) dengan bangga mengumumkan penandatanganan Perjanjian Usaha Patungan dalam momentum kemitraan bersejarah yang akan mengubah lanskap sektor telekomunikasi Indonesia.



Inisiatif ini memiliki tujuan mengembangkan jaringan kabel bawah laut antar pulau sepanjang 4.100km yang diberi nama Varuna Cable Systems (VARUNA), untuk menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia termasuk di dalamnya adalah Jawa, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Sulawesi, Kalimantan, dan Madura.


Jaringan yang penting ini terdiri dari 2.700 km kabel bawah laut dan 1.400 km kabel darat, dengan peran pentingnya dalam menyediakan konektivitas digital ke ibu kota baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN). 


Mengingat ekonomi digital yang berkembang pesat di luar Pulau Jawa, di mana infrastruktur telekomunikasi masih kurang berkembang, VARUNA muncul sebagai pilar utama untuk mendorong perwujudan visi teknologi Indonesia ke depan.


Perusahaan patungan yang baru saja dibentuk ini yaitu, PT Varuna Cahaya Santosa (VCS), menyatukan gabungan keahlian dan semangat pelopor dari perusahaan-perusahaan induknya. CCSI, pelopor di industri kabel optik Indonesia, membanggakan diri sebagai yang pertama di negara ini yang memproduksi kabel bawah laut dengan Sertifikasi Internasional sejak 1996. 


Sementara itu, Matrix NAP Info, memiliki catatan prestasi luar biasa selama lebih dari 20 tahun, sebagai operator kabel bawah laut sekaligus melayani penyedia layanan internet Indonesia dengan layanan bandwidth internasionalnya. Mitsui & Co., Ltd. dari Jepang, telah menjadi investor kunci di jaringan kabel bawah laut skala besar lainnya seperti Juno Cable.



Peter Djatmiko, CEO dari CCSI dan VCS mengatakan Varuna Cable Systems adalah bukti visi kami untuk meningkatkan lanskap digital di luar Jawa. 


"Melalui kerjasama dengan Matrix NAP Info dan Mitsui, kami siap menjadi pemimpin pasar dalam bisnis kabel bawah laut di Indonesia,” ucap dia.


Omar Syarif Nasution, Direktur Matrix NAP Info, menekankan sinergi ini. Jaringan VARUNA melengkapi dan memperluas layanan Matrix NAP Info di dalam negeri, menandai bab baru dalam perjalanan kami melampaui Jawa. 


"Kolaborasi dalam membentuk Varuna ini kami harapkan dapat semakin mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri secara inklusif," papar dia.


Shinichi Kikuchihara, Presiden Direktur PT Mitsui Indonesia menjelaskan proyek VARUNA merupakan proyek pembangunan bangsa khususnya di kawasan timur Indonesia. Inisiatif ini tidak hanya berkontribusi terhadap kemajuan bangsa namun juga selaras dengan strategi bisnis Mitsui dalam pengembangan infrastruktur digital. 


"Dengan memfokuskan upaya kami pada proyek VARUNA, kami turut mendorong kemajuan, memberdayakan masyarakat, dan membentuk masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia. Mitsui akan memanfaatkan pengetahuan yang kami peroleh dari pengalaman pengembangan proyek terkait infrastruktur di seluruh dunia,” pungkasnya.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama