Mengupas Perkembangan Batik di Gelaran Bekasi Batik Fair 2023

BEKASI, suarapembaharuan.com – Perkembangan batik di Tanah Air selalu berkembang seiring dengan kreativitas para desainer dalam menciptakan motif atau corak baru, teknologi pembuatan batik hingga konsumen batik yang kian hari semakin meluas ke semua generasi. Batik tak lagi hanya dimiliki oleh generasi tua, tetapi juga sudah menyasar kepada Generasi Z (Gen Z).



Kini, ada kebanggaan tersendiri dalam mengenakan batik yang merupakan warisan budaya asli Indonesia. Bahkan, perhelatan khusus atau pameran tentang batik sudah banyak ditemui di berbagai wilayah Nusantara.


Seperti gelaran Bekasi Batik Fair 2023 yang diselenggarakan selama sepekan, sejak 23-29 Oktober 2023, di Revo Mall Bekasi. 


Beragam diskusi menghadirkan para narasumber dari perajin batik yang telah berpengalaman puluhan tahun, penulis buku hingga pengamat budaya dan akademisi, dihadirkan untuk mengupas tentang dunia batik.


Salah satunya, desainer batik nasional asal Kota Bekasi, Lala Gozali. Ia sudah berkecimpung selama 20 tahun menggeluti dunia batik. Berdasarkan pengalamannya, dari zaman ke zaman batik selalu mengalami perkembangan. 


“Perkembangan batik dari zaman ke zaman selalu berkembang. Awalnya, hanya dikenakan oleh orang tua-orang tua. Kesannya kuno dan tua. Kini, semua kalangan sudah mau mengenakan batik,” ujar Lala Gozali.


Lalu, dari perkembangan teknologi pembuatan batik mulai dari batik tulis, batik cap hingga batik cetak (printing).


“Kita berupaya untuk memberikan kesan, bahwa batik itu keren dan trendi. Para desainer membuat karya yang indah-indah sesuai dengan generasi muda masa kini,” imbuhnya. 


Lalu narasumber lainnya, akademisi dari Universitas Islam ‘45 (Unisma) Bekasi, Abdul Choir. Pria yang akrab disapa Gus Choir ini mendorong daya saing Batik Bekasi bersaing di kancah nasional maupun internasional. Dimulai dengan penggunaan seragam Batik Bekasi bagi para murid sekolah.


“Ada keberpihakan program Pemerintah Kota Bekasi, ada perintah yang jelas, bahwa satu hari dalam seminggu anak-anak sekolah pakai batik motif Bekasi,” imbuhnya. (MAN)


Kategori : News


Editor      : ARS



Foto: Bekasi Batik Fair 2023 diselenggarakan oleh Olsamart di Revo Mall Bekasi sejak 23-29 Oktober 2023. (SP)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama