Nikuba Mendapat Perhatian pada Ajang IREIS 2023

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Sejauh ini kita mengetahui bahwa tenaga air salah satunya digunakan untuk menggerakkan turbin. Namun demikian apakah kalian tahu jika akhir-akhir ini air dapat dikonversi menjadi energi listrik yang dapat menggerakan kendaraan bermotor?



Menurut Lina selaku ketua panitia penyelenggara Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023, sepeda motor milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menggunakan bahan bakar air sebagai energi untuk menggerakkan ruang bakar mesin berhasil menarik perhatian masyarakat.


"Motor itu pun menjadi sangat viral dan cukup banyak mendapat dukungan dari beberapa pihak. Aryanto Misel, salah satu warga Cirebon yang menemukan alat pengubah air menjadi energi ini, melabeli produknya dengan sebutan 'Nikuba' atau singkatan dari 'Niku Banyu'," ungkap Lina dalam keterangan tertulisnya pada Senin (2/10/2023).


Maih menurut Lina, cara kerja nikuba adalah memisahkan Hidrogen (H2) dengan Oksigen (O2) pada air (H2O) melalui proses elektrolisis. Hidrogen yang sudah terpisah dari O2 kemudian masuk ke ruang pembakaran kendaraan sebagai pengganti BBM. 



"Harus diperhatikan bahwa air yang digunakan dalam proses elektrolisis adalah air yang yang sudah tidak mengandung logam berat supaya dapat menjalankan kendaraan bermotor," lanjut Lina menjelaskan.


Seperti diketahui sebelumnya dalam berbagai pemberitaan, Nikuba disebut sudah terpasang dan digunakan oleh puluhan motor anggota TNI di Kodam III Siliwangi. Alat ini dikatakan dapat menghemat konsumsi BBM yang kini semakin mahal harganya.


Membahas mengenai Nikuba yang sedang ramai diperbincangkan belakangan ini, maka tidak akan jauh dari istilah energi terbarukan. Peristiwa ini merupakan suatu inovasi karena belum ada yang bisa menjadikan air sebagai bahan bakar pengganti, tentu hal ini bersifat ramah lingkungan dan lebih hemat tentunya.



PT Shan Hai Map melihat bahwa dengan mendorong energi terbarukan maka dapat menjaga lingkungan tetap hijau di suatu negara. Maka dari itu, perusahaan Shan Hai Map akan menyelenggarakan event yang bertemakan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-14 November di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat.


Pada event ini, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran “Energi Terbarukan” di kehidupan manusia pada kehidupan sekarang, serta untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang energi terbarukan. Sehingga tidak hanya dengan memajukan kondisi perekonomian Indonesia, namun juga menaruh harapan dengan mendorong energi terbarukan ini dapat lebih ramah lingkungan dengan mengurangi pencemaran udara dan kerusakan lingkungan.


Jika anda tertarik dan merupakan salah satu pelaku bisnis yang berkaitan dengan bidang energi terbarukan, anda dapat mendaftarkan diri anda dan perusahaan anda melalui link dan email dibawah ini : https://forms.gle/CdNueFyrUJ7GrW5S7


event@shmap-tax.com


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama