United Tractors Siapkan Generasi Kompetitif Masuki Dunia Usaha dan Industri, Lewat SOBAT Competition 2023

JAKARTA, suarapembaharuan.com - PT United Tractors Tbk (UT) kembali menyelenggarakan SOBAT Competition 2023 untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi dan menciptakan generasi muda berkualitas yang siap memasuki dunia kerja dan industri. 


Foto: Penyerahan hadiah secara simbolis oleh Iwan Hadiantoro (Direktur UT) kepada pemenang SOBAT Competition 2023. 

Kali ini, SOBAT Competition 2023 mengusung tema “Inovasi Teknologi Tepat Guna untuk Menciptakan Generasi Berdaya Saing untuk Pendidikan Vokasi yang Berkelanjutan”.


Perlombaan ini diikuti oleh para siswa/i tingkat SMA/SMK/Sederajat dan juga para mahasiswa Politeknik/Universitas.


Latar belakang diselenggarakan SOBAT Competition 2023, karena terbatasnya inovasi dalam Program Studi Teknik Alat Berat (TAB). Sehingga, UT membuat kompetisi di bidang TAB untuk meningkatkan kompetensi generasi muda dengan menciptakan inovasi tepat guna. Penilaian pada kompetisi ini berdasarkan kualitas inovasi yang dapat menghadirkan manfaat yang berdaya saing tinggi.


“Melalui program SOBAT Competition 2023, UT berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan vokasi sekaligus merealisasikan Sustainable Development Goals (SDGs) poin keempat, yaitu pendidikan berkualitas. 


Di samping itu, kompetisi ini merupakan wujud implementasi dari 14 pilar program SOBAT untuk menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide-ide kreatif serta inovatif dari siswa/i maupun mahasiswa sekolah vokasi,” ujar CSR Manager UT, Himawan Sutanto.


Foto bersama Board of Director (BOD) UT dengan peserta SOBAT Competition 2023.

Sejak diluncurkan pada tahun 2019, SOBAT Competition mendapatkan respon positif. Hal ini tercermin dari bertambahnya jumlah peserta setiap tahunnya. 


SOBAT Competition 2023 diikuti oleh 2.716 dengan total 1.358 inovasi. Penyebaran peserta pada SOBAT Competition 2023 kali ini cukup luas, dimana terdapat 1071 peserta yang berasal dari Jawa, 108 peserta dari Sumatera, 69 peserta dari Sulawesi, 135 peserta dari Kalimantan, dan 3 peserta dari Papua.


Adapun, pengumpulan inovasi oleh peserta melalui beberapa tahapan. Pada tahap pertama, peserta akan menuliskan dan mengumpulkan abstrak dari inovasi yang ditawarkan. Selanjutnya, peserta diwajibkan menyusun makalah dan desain prototipe dari abstrak yang sudah diajukan sebelumnya. 


Terakhir, peserta yang mampu mengikuti dan dianggap lolos dari seleksi akan mendapatkan subsidi dana untuk membuat prototipe yang telah didesain sebelumnya. Peserta juga akan didampingi langsung oleh mentor yang berasal dari tim SOBAT Competition 2023 dalam pembuatan prototipe tersebut.


Melalui program SOBAT Competition 2023, UT berharap dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan prestasi dan kompetensi siswa/i sekolah kejuruan serta mahasiswa/i sekolah vokasi. Selain itu, para peserta memiliki daya saing, tangguh, serta dapat memberikan kontribusi untuk Indonesia di masa yang akan datang.


Daftar pemenang SOBAT Competition 2023 Kategori SMA/SMK Inovasi Teknik Alat Berat :


Juara 1 - SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen

Juara 2 - SMKN 2 Tarakan

Juara 3 - SMK Ma'arif NU 1 Sumpiuh

Harapan 1 - SMKN 5 Banjarmasin

Harapan 2 - SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi


Daftar pemenang SOBAT Competition 2023 Kategori SMA/SMK Inovasi Umum:


Juara 1- SMK Muhammadiyah 3 Samarinda

Juara 2 - SMA NU Al Ma'ruf Kudus

Juara 3- SMK PGRI 2 Ponorogo

Harapan 1- SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

Harapan 2- MAN 1 Kudus


Daftar pemenang SOBAT Competition 2023 Kategori Politeknin/Universitas :


Juara 1- Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Juara 2- Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Juara 3- Politeknik ATMI Surakarta

Harapan 1-Universitas Sriwijaya

Harapan 2- Universitas Sumatera Utara


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama