IWPG Desak Gencatan Senjata Israel-Hamas

SEOUL, suarapembaharuan.com - Organisasi w.anita yang konsen pada perdamaian dunia, International Women’s Peace Group (IWPG) mendesak dengan segera gencatan senjata antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas.


Ketua IWPG, Hyun Sook Yoon

“Kami sangat mendesak untuk segera mengakhiri konflik bersenjata yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas dan untuk perjanjian perdamaian.” Demikian disampaikan  Ketua IWPG, Hyun Sook Yoon, dalam “Pernyataan IWPG mengenai Perang Israel-Hamas” yang dikeluarkan di Seoul, Korea, baru-baru ini. 


IWPG adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang berstatus konsultatif di Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) (Economic and Social Council/ ECOSOC) dan terdaftar di bawah Departemen Komunikasi Global (Department of Global Communications/ DGC).


“Tidak ada alasan moral yang dapat membenarkan tindakan menahan warga sipil yang tidak bersalah sebagai sandera. Perempuan, pemuda, dan anak-anak adalah kelompok yang paling terkena dampak akibat perang. Jika konflik ini terus berlanjut, jumlah korban jiwa diperkirakan akan mencapai puluhan juta jiwa. Dampak dari kekejaman dan kehancuran tersebut tidak dapat diukur, dan tidak ada reparasi yang dapat mengganti korban jiwa,” kata Hyun Sook Yoon.



IWPG juga menekankan adanya potensi siklus pembalasan dan pembalasan kembali yang merugikan semua pihak. Karena itu, IWPG mendesak kedua belah pihak untuk segera menghentikan permusuhan dan melaksanakan dialog konstruktif demi perdamaian. “Kegagalan untuk melakukan hal ini akan merusak kesempatan bagi resolusi damai, dan mengarah pada siklus balas dendam yang tidak bermakna,” katanya.


IWPG juga meminta komunitas internasional, termasuk PBB untuk membantu IWPG agar segera mengambil tindakan yang tepat, termasuk penyediaan bantuan kemanusiaan dan mediasi aktif untuk memfasilitasi negosiasi damai antara pihak-pihak yang berkonflik.


Google

“IWPG mengecam segala jenis kejahatan perang dan tindakan kekerasan yang mengganggu perdamaian dunia dan sangat berdedikasi untuk mencapai perdamaian dunia bersama perempuan di seluruh dunia,” ujar Ketua IWPG, Hyun Sook Yoon.


Seperti diketahui, perang Israel-Hamas dimulai dengan Hamas yang melancarkan serangan sangat besar terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober. Ini adalah perang habis-habisan pertama antara Israel dan Hamas dalam 9 tahun sejak konflik di Gaza pada tahun 2014. Ini adalah bentrokan terbesar sejak Perang Timur Tengah ke-4 pada tahun 2014, dimana korban awal meningkat hingga lebih dari jumlah korban Perang Timur Tengah ke-4.


Kategori : News


Editor     : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama