Pengembangan SDM, KAI Commuter Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang

BEKASI, suarapembaharuan.com - PT KAI (Persero) dan KAI Commuter menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan East Japan Railways Company (JR East), kemarin. Kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM) tersebut meliputi, pertukaran sumber daya manusia (SDM) yang ahli, pendidikan dan pelatihan, pertukaran informasi, suku cadang hingga penyelesaian persoalan perkeretaapian.


Foto: PT KAI (Persero) dan KAI Commuter menandatangani MoU dengan East Japan Railways Company (JR East), Senin (27/11/2023).

“MoU ini, untuk mengembangkan kerja sama di bidang perkeretaapian maupun non perkeretaapian,” kata Direktur Utama KAI, Asdo Artriviyanto, dalam keterangannya, Selasa (28/11/2023).


Menurutnya, kerja sama tersebut berlaku satu tahun ke depan hingga pada 31 Desember 2024. “Kerja sama ini merupakan salah satu upaya KAI Commuter meningkatkan teknologi perkeretaapian yang selalu berkembang,” tuturnya.


JR East merupakan perusahaan kelas dunia yang berpengalaman di bidang perkeretaapian Jepang dalam hal kenyamanan penumpang, kecepatan dan sebagainya. 


Sebelumnya, KAI Commuter juga telah melakukan penandatanganan MoU dengan CRRC Qingdao Sifang Co. Ltd pada 9 November 2023 lalu. Kerja sama ini dalam pengembangan sarana perkeretaapian di Indonesia, mulai dari pengadaan sarana “electric multiple unit” atau sarana kereta berpenggerak dengan tenaga listrik maupun “diesel multiple unit” atau sarana kereta berpenggerak dengan tenaga diesel.


“KAI Commuter akan menjadi solusi ekosistem transportasi perkotaan terbaik,” imbuhnya. (MAN)


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama