Peningkatan Kualitas SDM Jadi Fokus Utama Kampanye Ganjar-Mahfud

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memastikan bahwa salah satu fokus utama kampanye Pilpres 2204 adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Fokus utama ini didasari oleh pemikiran bahwa kemajuan sebuah bangsa sangat ditentukan oleh kualitas SDM masyarakatnya, baik di desa maupun di kota.



"Untuk menciptakan SDM yang berkualitas, program kesehatan dan pendidikan harus menjadi prioritas. Pasalnya, memajukan warga desa harus dimulai dengan menyehatkan mereka," ujar capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dalam keterangannya, Selasa (28/11/2023).


Karena itu, kata Ganjar, pihaknya sudah mencanangkan program 1 Desa, 1 Faskes, 1 Nakes, khususnya di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). Program ini berangkat dari kenyataan masih banyaknya masyarakat yang belum mendapatkan layanan kesehatan yang dekat, cepat, murah dan baik. 


"Layanan yang dekat, cepat, murah dan baik, hanya mungkin jika tenaga dan fasilitas kesehatan tersedia di setiap desa, khususnya di daerah 3T atau Tertinggal, Terdepan dan Terluar," tandas Ganjar.


Saat ini, kata Ganjar, sakit menjadi kekhawatiran utama setiap keluarga di Indonesia. Pasalnya, anggota keluarga yang sakit tidak bisa berproduksi, dan anggota keluarga yang sehat juga tidak bisa berproduksi karena harus merawat yang sakit.


"Berdasarkan fakta tersebut, idealnya, di setiap desa ada 1 fasilitas kesehatan, dan minimal satu tenaga kesehatan profesional. Program ini merupakan komitmen kami untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas," jelas Ganjar.


Sementara itu, di bidang pendidikan, lanjut Ganjar, dirinya bersama Mahfud akan menitikberatkan pendidikan moral dan karakter. Terkait hal ini, peran para pengajar agama dan guru ngaji menjadi sangat sentral.


"Untuk itu, kami bertekad meningkatkan kesejahteraan pengajar agama dan guru ngaji, karena mereka merupakan benteng dan penjaga moral anak bangsa," pungkas Ganjar.


Masa kampanye pemilu telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama