Dirut Holding PTPN III Persero M.Abdul Ghani Tinjau Pabrik Minyak Makan Merah, Gagasan Presiden Menaikkan Derajat Petani Kelapa Sawit

DELISERDANG, suarapembaharuan.com - Direktur Utama Holding PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani, Selasa  (19/12) meninjau pabrik Minyak makan merah PPKS di Pagar Merbau, Lubuk Pakam Deli Serdang, Sumatera Utara.



Dalam kesempatan itu Abdul Ghani melihat dari dekat proses produksi pabrik percontohan yang dikelola Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan ini. Untuk saat ini pabrik yang berdiri di areal pabrik kelapa sawit eks PTPN 2 itu mampu memproduksi dari 10 ton Minyak kelapa sawit/CPO menghasilkan 7 ton minyak makan merah.


"Ini merupakan terobosan yang luar biasa. Sebab nantinya, tiap 1000 hektar kelapa sawit petani pemerintah akan mendirikan 1 pabrik yang akan mengolah minyak makan merah. Ini merupakan gagasan Bapak Presiden yang diteruskan pak Meneg BUMN yang bertujuan meningkatkan derajat para petani kelapa sawit. Jika selama ini mereka hanya menjual hasil kebunnya, dengan program ini mereka ikut menentukan pengelolaannya," jelas Abdul Ghani.



Meski terlihat sederhana minyak makan merah memiliki keistimewaan karena mengandung unsur vitamin A dan E yang mampu menurunkan stunding bagi pertumbuhan  anak. "Karena itu minyak makan merah akan mampu berperan untuk menurunkan tingkat stunting anak-anak khususnya yang berada di pedesaan," tambah Abdul Ghani.


Ke depan, pabrik minyak makan merah juga akan memproduksi bahan-bahan kebutuhan rumah tangga lainnya, seperti minyak padat, sabun dan sejenisnya. Sehingga kehadirannya benar-benar bisa membawa manfaat bagi masyarakat luas.


Didampingi Direktur Hubungan Antar Lembaga Palm Co Irwan Perangin-Angin, Head Regional Supporting Co PTPN 1 Affan Safiq, SEVP Operation II, Regional 2 PalmCo Dedy Gurning dan sejumlah pejabat perkebunan lainnya. Sebelum meninggalkan Pabrik Minyak Makan Merah, Abdul Ghani menyempatkan diri meninjau PPKS Pagar Merbau.


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama