Kasus Covid-19 Meningkat, Prokes Digencarkan Lagi

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun serta menjaga imunitas tubuh dengan konsumsi makanan bergizi. Hal ini, lantaran terjadi kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir ini. 


Foto: Ilustrasi Covid-19. (Ist)

Masyarakat yang menglami gejala Covid-19 seperti batuk, pilek, gangguan pernafasan serta demam minta menerapkan prokes agar tidak menularkan kepada orang lain.


“Masyarakat diimbau untuk disiplin menerapkan prokes kembali,” ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, dalam keterangannya Kamis (7/12/2023).


Kenaikan kasus Covid-19 saat ini didominasi subvarian Omicron XBB 1.5 yang sudah merebak di Eropa dan Amerika Serikat. Di Indonesia, juga terdeteksi subvarian EG2 dan EG5.


Kemenkes juga meminta kepada masyarakat untuk melanjutkan vaksinasi Covid-19, baik vaksinasi booster pertama maupun booster kedua secara gratis di Puskesmas hingga akhir tahun 2023. Tahun depan, vaksinasi dikhususkan untuk kelompok lanjut usia (lansia), komorbid serta orang yang memiliki masalah dengan sistem imun. 


Berdasarkan data Kemenkes pada 6 Desember 2023, rata-rata kasus harian Covid-19 bertambah sebanyak 35-40 kasus. Sementara, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit tercatat antara 60-131 orang. Dengan tingkat keterisian tempat tidur (BOR) rumah sakit saat ini sebesar 0,06 persen dan angka kematian 0-3 kasus per hari.


“Masyarakat yang punya gejala sebaiknya dilakukan testing rapid antigen,” imbuhnya. (MAN)


Kategori : News


Editor     : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama