Libur Nataru, Jasa Marga Siapkan Jalur Fungsional Tol Japek II Selatan Sepanjang 8,5 Km

PURWAKARTA, suarapembaharuan.com – Selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Jasa Marga melalui anak perusahaannya, Jasamarga Japek Selatan (JJS), menyiapkan jalur fungsional Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer (km). Jalur fungsional ini guna mendukung kelancaran arus balik dari Bandung menuju ke Jakarta.


Foto: Tol Japek II Selatan disiapkan jadi jalur fungsional segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 selama libur Nataru 2024. (Ist)

“Jalur fungsional ini untuk membantu mengurangi kepadatan lalu lintas di Simpang Susun Dawuan KM 67,” ujar Direktur Teknik PT JJS, Iman Sulaiman, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/12/2023).


Dia menjelaskan, Simpang Susun Dawuan KM 67 merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Bandung, yang melewati Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) serta lalu lintas dari arah Trans Jawa yang melewati Tol Jakarta-Cikampek. 


“Jalur fungsional ini dapat digunakan dengan mempertimbangkan tidak terjadi kepadatan lalu lintas pada jalan nontol (di Jalan Industri) daerah Karawang, setelah akses keluar jalur fungsional,” tuturnya.


Untuk mengakses jalur fungsional, kata dia, pengguna jalan dapat masuk melalui Simpang Susun (SS) Sadang di sekitar KM 77 Tol Cipularang dengan mengikuti perambuan dan arahan petugas. 



“Jalur fungsional ini hanya untuk kendaraan kecil/Golongan I (nonbus), dengan kecepatan maksimal kendaraan 60 km/jam,” imbuhnya.


Setelah melewati jalur fungsional sepanjang 8,5 km tersebut, pengguna jalan akan melewati jalan nontol sepanjang 15-20 km untuk masuk kembali ke Tol Jakarta-Cikampek melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Timur di KM 54 atau GT Karawang Barat di KM 47. 


Iman juga menjelaskan, jalur fungsional Tol Japek II Selatan mulai dari SS Sadang hingga GT Kutanegara tidak dikenakan tarif, namun pengendara tetap harus melakukan “tapping” di GT Kutanegara. 


Tol Japek II Selatan menghubungkan Jatiasih-Kota Bekasi, Karawang dan Sadang-Purwakarta sepanjang 62 km. (MAN)


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama