Pekerja Rentan Perlu Mendapat Perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Kaum pekerja rentan sudah selayaknya mendapatkan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK) dari BP Jamsostek. Maka dari itu, di perayaan hari jadinya yang ke-8, Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta bertema Safety, Quality & Patient Centered.



Rumah Sakit yang terletak di Kecamatan Kalideres tersebut, memberikan donasi 1000 iuran Jaminan Sosial Tenaga Kerja bagi pekerja rentan yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online. 


Dalam acara ini, hadir dr. Paul K. Pribadi, M.Med, selaku Direktur Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta, dan Veimeirawaty Kusnadi, selaku Direktur Corporate Ciputra Healthcare, yang secara simbolis menyerahkan Kartu Peserta BP Jamsostek kepada perwakilan pekerja rentan dari komunitas Ojek Online Kalideres Bersatu dan Keluarga Besar Persaudaraan.


Selain pemberian donasi, dalam acara ini digelar juga talkshow yang mengangkat topik Pentingnya Pengelolaan Risiko Kesehatan dan Kecelakaan Kerja, dengan narasumber Alpian, dr. I Gde Anom A. Yudha, SpBS, FICS, FINSS, FINO, dr. Romy Darmawangsa, M.Kes, SpOT (K), dan dr. Paul K. Pribadi, M.Med., yang dimoderatori oleh Dr. drg. Anastasia Hermawan, M.Kes. 


Dalam talkshow tersebut dibahas bahwa masih banyak masyarakat, terutama para pekerja di sektor informal (pelaku usaha kecil dan mikro beserta pekerjanya, pekerja rumah tangga dan pekerja rentan lainnya) yang belum memiliki jaminan kesehatan dan kecelakaan kerja. 


Seringkali terjadi seorang pekerja rentan, seperti pengemudi ojek, mengalami kecelakaan saat bekerja, namun datang ke IGD tanpa memiliki jaminan asuransi apapun, sehingga harus mengeluarkan biaya pribadi untuk biaya pengobatan. 


Padahal jika memiliki jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan, dapat memanfaatkan layanan di Rumah Sakit dengan fasilitas dan layanan yang lengkap seperti di Ciputra Hospital CitraGarden City, tanpa harus mengeluarkan uang pribadi. 


Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batu Ceper Tangerang, Alpian menyambut baik donasi yang merupakan CSR tahunan dari Rumah Sakit ini. 


Alpian mengungkapkan bahwa kepedulian perusahaan kepada pekerja rentan semacam ini patut dicontoh. Dengan demikian akan semakin banyak pekerja rentan, dapat terlindungi jamsostek. 



dr. I Gde Anom A. Yudha, SpBS, FICS, FINSS, FINO, dan dr. Romy Darmawangsa, M.Kes, SpOT (K), selaku Dokter Spesialis, yang berpraktik di Rumah Sakit ini, saat talk show terungkap bahwa kedua dokter ini telah banyak menangani kasus trauma kepala maupun patah tulang akibat kecelakaan kerja, dan dengan adanya jaminan BPJS Ketenagakerjaan, dapat lebih memudahkan dokter dalam melaksanakan tindakan, dan merekomendasikan perawatan hingga tuntas, karena dari pihak keluarga pasien tidak lagi terbebani dengan biaya perawatan.


dr. Paul menyampaikan Ciputra Hospital berkomitmen memberikan pelayanan Kesehatan dan penanganan kecelakaan kerja yang mengutamakan Safety, Quality & Patient Centered. 


"Kami siap berkolaborasi dengan semua penjamin/payors, baik penjaminan secara pribadi, BPJS Ketenagakerjaan, Asuransi Kesehatan Swasta, maupun BPJS Kesehatan berikut skema Coordination of Benefit,” ucapnya.


dr. Paul menambahkan, selain perlindungan terhadap kecelakaan kerja lewat BPJS Ketenagakerjaan, setiap pribadi dan keluarga, serta pemberi kerja perlu memiliki jaminan Kesehatan (Asuransi Kesehatan Swasta maupun BPJS Kesehatan) untuk mengelola risiko Kesehatan pribadi, keluarga, maupun karyawannya. 


"Tujuannya agar setiap pribadi, keluarga maupun karyawan terlindungi kesehatannya, tetap produktif, dan tidak dipusingkan oleh biaya pengobatan yang tidak terduga,” jelasnya.


Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta, yang salah satu unggulannya adalah Trauma dan Orthopaedic Center ini, merupakan Rumah Sakit Pemberi Layanan Kecelakaan Kerja yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.  


Layanan unggulan lainnya adalah Cardiac & Vascular Center, Neuro & Stroke Center, Ginjal & Hemodialysis Center, Digestive & Minimal Invasive Surgery Center, Eye Center dan IVF Center. 


Ciputra Hospital Citra Garden City yang terletak tidak jauh dari Bandara Soekarno Hatta ini, terakreditasi paripurna oleh KARS. 


Dengan fasilitas yang modern dan lengkap, serta didukung oleh Dokter-Dokter Spesialis dan tenaga medis yang berpengalaman, membuat Rumah Sakit ini telah dipercaya masyarakat luas untuk memberikan solusi kesehatan maupun trauma kecelakaan kerja, bukan hanya dari Jakarta, bahkan juga pasien-pasien yang dirujuk dari luar Pulau Jawa.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama