Peran Indosat Ooredoo Hutchison dan KUMPUL.ID sebagai Motor Akselerasi Pemberdayaan Wirausaha Perempuan melalui Program SheHacks 2023

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Program SheHacks 2023 telah menutup rangkaian acaranya melalui Awarding Day yang dilaksanakan pada 12 Desember 2023.



SheHacks 2023 merupakan program Corporate Social Responsibility atau CSR dari Indosat Ooredoo Hutchison, yang kembali berkolaborasi dengan KUMPUL.ID tahun ini, bertujuan untuk menutup kesenjangan gender terhadap perempuan dalam hasil ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi. 


Program SheHacks telah berjalan sejak April 2023 dan berfokus pada pengembangan inovasi untuk perempuan Indonesia dengan lebih dari lebih dari 9.256 perusahaan rintisan (startup), dengan lebih dari 500 proposal yang berisi produk jadi dan purwarupa, serta 8.000 proposal ide yang inovatif. 


Para peserta SheHacks 2023 telah melalui program mentoring dan inkubasi untuk kemudian masuk dalam program pendampingan, memungkinkan para peserta bertemu dengan investor dan mitra potensial. 



Steve Saerang selaku SVP–Head of Corporate Communications dari Indosat Ooredoo Hutchison menyatakan, “Antusiasme yang tinggi ini menjadi penyemangat kami untuk terus memberikan dampak positif terhadap kesetaraan gender dan menciptakan lingkungan yang kian inklusif. Dengan semangat gotong royong untuk mewujudkan peluang tanpa batas dari perempuan Indonesia, SheHacks 2023 memberikan pengalaman berharga sebagai wadah untuk menorehkan ide dan karya luar biasa dari para perempuan Indonesia.”


 SheHacks 2023 ditutup dengan sesi Awarding Day dan mengumumkan tiga pemenang yaitu, Algobash sebagai pemenang pertama, dengan meraih perhatian terbanyak dari para juri SheHacks 2023 karena keunggulan inovatifnya yang menarik serta berdampak luas ke masyarakat dan industri terkait. 


Perusahaan rintisan ini berfokus pada platform pre-employment dan talent pool yang menyediakan solusi penyaringan talenta digital. Peringkat selanjutnya disusul oleh Donasi di peringkat kedua, dan Lisfit yang terpilih di posisi pemenang ketiga. Ketiga pemenang tersebut terpilih berdasarkan faktor dampak yang diberikan, pertumbuhan bisnis, kesiapan usaha, unique selling points, potensi kesempatan pendanaan, serta kemampuan presentasi dan komunikasi di tim masing-masing.



Keberhasilan ketiga pemenang tersebut menjadi acuan penting dalam menciptakan kesetaraan. Peran KUMPUL.ID selaku Strategic Partner dalam kesuksesan SheHacks 2023 sangat signifikan dalam mengelola seluruh program mulai dari konseptualisasi hingga pelaksanaan. Dengan pendekatan strategis, KUMPUL.ID juga menentukan elemen-elemen penting yang ingin ditampilkan selama program berjalan. 


Kerja sama ini juga didukung oleh komitmen yang kuat untuk selalu menyelaraskan program dengan pilar-pilar utama Indosat Ooredoo Hutchison dalam meningkatkan kapasitas perempuan pada teknologi, bisnis, dan kewirausahaan, memberikan kontribusi yang substansial untuk mewujudkan platform yang dinamis dan memberdayakan, yang mendorong pertumbuhan dan inovasi perempuan dalam bidang-bidang kunci tersebut.


 Mega Prawita, selaku Managing Director dari KUMPUL.ID memberikan pernyataannya dalam komitmen kerja sama ini, "Selama tiga tahun terakhir, Indosat Ooredoo Hutchison dan KUMPUL.ID telah menjalin kemitraan erat melalui SheHacks, dan menjadi pendorong utama dalam mewujudkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan. Bersama-sama, kami telah berkomitmen untuk mengakselerasi inovasi untuk perempuan bisa maksimal dalam menguasai teknologi, bisnis, dan , membuka peluang baru kewirausahaan."



"SheHacks terbukti mampu menciptakan komunitas perempuan yang sustainable, memberdayakan tidak hanya peserta pada tahun ini, namun juga memberikan kesempatan lebih besar pada peserta di seri sebelumnya untuk ikut berperan sebagai mentor ataupun mitra. Tidak hanya itu, program SheHacks telah menciptakan domino effect yang tidak hanya memberikan dampak langsung ke peserta, namun juga terhadap keluarga dan lingkungan sekitar mereka untuk berdaya bersama," tambahnya. 


Pertiwi Triwidiahening selaku National Programme Officer – Women Entrepreneurship dari UN Women Indonesia, sekaligus juga merupakan juri SheHacks 2023 turut menambahkan, “Kami mengapresiasi upaya Indosat Ooredoo Hutchison dalam mendukung pemberdayaan perempuan untuk berinovasi dalam mencari solusi dari berbagai tantangan sosial yang ada saat ini. Saya berharap, Indosat melalui SheHacks dapat mendorong lebih banyak pihak untuk mendukung kesetaraan gender.”


 Sementara itu, Melinda Wardiman, selaku Co-founder & COO dan mewakili Algobash memberikan apresiasinya, “Pengalaman yang didapat (di SheHacks 2023) sangat luar biasa, kami mendapat mentoring 12 jam bersama mentor khusus, dan berkesempatan menjalankan pilot project bersama perusahaan-perusahaan pilihan. Membuat kami bisa mendapatkan validasi (bisnis) lebih cepat dan lebih mudah. Kami juga berhasil mendapatkan extra traction hingga 600 lebih user selama mengikuti program. 


Sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat dipilih menjadi pemenang utama dalam program SheHacks 2023. Semoga apa yang kami lakukan dapat menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia untuk dapat maju dan berkembang.” “Melalui kemitraan bersama Indosat Ooredoo Hutchison pada SheHacks 2023 dan berakhirnya program ini, kami harap KUMPUL.ID mampu memberikan solusi terhadap tantangan dalam mewujudkan akselerasi pemberdayaan kewirausahaan untuk perempuan,” tutup Mega Prawita.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama