Pergerakan saat Nataru Diprediksi Meningkat, Masyarakat Diminta Waspadai Penularan Covid-19

MAGELANG, suarapembaharuan.com – Meningkatnya angka Covid-19 membuat masyarakat mesti terus waspada. Pola hidup bersih dan sehat harus dijalani agar terhidar dari penyebaran virus Corona, terlebih menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, yang diprediksi akan banyak pergerakan.


Ist

Hal itu ditegaskan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, seusai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Hotel Atria, Kota Magelang, Senin (18/12/2023). Menurutnya, kasus Covid-19 di Indonesia, termasuk Jateng, saat ini mengalami peningkatan.


“Khusus Jawa Tengah, sampai saat ini sudah terdata 34 orang yang positif Covid-19. Dari jumlah itu, empat orang sudah mulai sembuh, dan 30 orang dalam perawatan,” kata Nana.


Dia mengungkapkan, berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan, pergerakan masyarakat pada Nataru kali ini akan lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Diprediksi, akan ada sekitar 13 juta jiwa yang akan masuk ke wilayah  Jawa Tengah dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan daerah lain di Pulau Jawa.


“Jawa Tengah ini merupakan sentral dari pada pergerakan masyarakat ini. Beberapa tempat lain yang perlu menjadi pengamanan dari TNI-Polri dan Pemprov, adalah lokasi wisata dan tempat perbelanjaan,” katanya.


Memang, lanjut Nana, terkait Covid-19, masyarakat sudah memiliki pengalaman yang lama. Namun, dia tetap berharap masyarakat lebih waspada dan melakukan langkah-langkah antisipasi. Di antaranya, tetap menjaga kesehatan, serta menjaga diri saat berada di kerumunan.


“Saat ini kalau tidak salah dari Kementerian Kesehatan sudah menyampaikan, ketika kita berada di ruangan yang cukup banyak masyarakatnya, (sebaiknya) sudah mulai memakai masker,” jelasnya.


Setali tiga uang, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, peningkatan kasus Covid yang terdeteksi saat ini harus diwaspadai. Dia mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.


“Imbauan kepada masyarakat agar menjaga jarak, artinya menjaga kesehatan kita. Kalau perlu pakai masker, pola hidup sehat, itu cukup,” katanya.


Selain Covid-19, beberapa hal lain yang perlu mendapatkan kewaspadaan masyarakat selama Nataru ini adalah perubahan musim. Saat ini, sudah mulai masuk musim hujan, sehingga masyarakat yang berada di daerah rawan bencana longsor, banjir, dan lainnya, agar tetap waspada. Seluruh kepala daerah dan Kapolres juga diminta untuk memetakan daerah rawan bencana, dan menyiapkan sarana prasarana sebagai langkah antisipasi.


Kategori : News


Editor      : AAS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama