Punya Semangat Muda! Ini Daftar Pemimpin Negara Termuda Seperti Gibran

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Terpilihnya Gibran Rakabuming mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pilpres 2024 mendampingi Prabowo Subianto masih menjadi perbincangan. Gibran Rakabuming mendapat banyak cibiran. Hal ini disebabkan karena putra Presiden Joko Widodo dinilai masih terlalu muda dan belum berpengalaman.


Gibran Rakabuming. Ist

Sebaliknya, ada pula yang justru mendukung Gibran Rakabuming. Pasalnya, ada sejumlah prestasi yang diraih suami Selvi Ananda ini meski masa jabatannya sebagai Wali Kota terbatas. Selain itu, sebagian warganet berpendapat bahwa keterwakilan dari usia yang lebih muda diperlukan.


Pemimpin muda dipandang memiliki perspektif segar dan ide-ide inventif. Hal ini disebabkan oleh pemikiran generasi muda yang terkadang tidak konvensional. Hasilnya, konsep-konsepnya selalu segar dan menarik.


Selain itu, para pemimpin muda sering kali mengikuti semua kemajuan dan gaya terkini. Hal ini memungkinkan dia untuk menentukan apakah tren tersebut memiliki potensi keuntungan atau kerugian. Mereka sebenarnya mampu menilai pola apa pun yang muncul.


Mereka juga mampu menerima semua modifikasi terkini. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pemimpin muda lebih mudah beradaptasi dibandingkan pemimpin yang sudah berumur.


Daftar Pemimpin Termuda di Dunia


Ada sejumlah negara di dunia yang memiliki pemimpin muda di bawah 40 tahun. Salah satu media asing mengutip negara-negara berikut:


1. Daniel Noboa

Presiden termuda Ekuador dalam sejarah adalah Daniel Noboa. Sejak bulan Oktober, pengusaha pisang berusia 35 tahun ini menang dalam pemilihan presiden putaran kedua.


Noboa mengungguli lawannya yang berhaluan kiri, Luisa González, dengan selisih empat poin persentase dengan hampir 97% surat suara telah dihitung. Menurut laporan, González mengucapkan selamat kepada Noboa atas kemenangannya dan menerima hasil pemilu.


Noboa bersekolah di Harvard Kennedy School dan lulus. Dia adalah putra dan pewaris kekayaan raja pisang, Álvaro Noboa, yang melakukan lima upaya gagal untuk memenangkan kursi kepresidenan.


2. Gabriel Boric

Pada usia 35 tahun, Gabriel Boric, mantan pemimpin protes mahasiswa, terpilih pada Desember 2021 untuk menjadi presiden termuda negara tersebut. Pesaing sayap kanan dikalahkan oleh Boric dengan tujuan mengubah Chile menjadi “negara kesejahteraan” yang lebih adil dan ramah lingkungan.


3. Bukele Nayib

Pada bulan Februari 2019, Nayib Bukele, yang saat itu berusia 37 tahun, terpilih menjadi presiden Amerika Tengah. Organisasi hak asasi manusia mengecam keras dia, sementara masyarakat memuji dia atas kampanyenya melawan geng jalanan yang kejam.


4. Emmanuel Macron

Pada usia 39 tahun, mantan bankir investasi Emmanuel Macron menyelesaikan kenaikan jabatannya dari menteri ekonomi menjadi presiden termuda Prancis pada tahun 2017. Sebuah partai baru yang menggambarkan dirinya sebagai "bukan kiri atau kanan" dilaporkan menjadi partai yang ia gunakan.


Demonstrasi "rompi kuning" mengganggu masa jabatan pertamanya. Namun, ia memenangkan pemilihan kembali pada April 2022 dengan mengalahkan Marine Le Pen, lawannya yang berhaluan sayap kanan, untuk kedua kalinya.


5. Irakli Garibashvili

Pada tahun 2013, pada usia tiga puluh satu tahun, Irakli Garibashvili terpilih sebagai perdana menteri Georgia, menjadikannya kepala negara termuda di Eropa. Diketahui bahwa jutawan dan mantan pemimpin Bidzina Ivanishvili adalah anak didiknya.


Dia mendukung pendekatan “seimbang” dalam berurusan dengan Rusia. Sambil menjalin hubungan yang lebih erat dengan UE dan NATO, ia mengambil sikap netral mengenai konflik di Ukraina.


Itulah daftar pemimpin termuda di dunia seperti Gibran Rakabuming. Meskipun mendapat banyak skeptisme dari warganet, nyatanya hal tersebut tidak melunturkan semangat muda Calon Wakil Presiden nomor urut 2 ini.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama