RE Nainggolan: Gibran Membuat Terdiam Semua yang Sebelumnya Meremehkannya

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dinilai tampil brilian memaparkan pandangannya terkait beberapa isu dalam debat perdana cawapres 2024 yang digelar di JCC, Jumat (22/12/2023).


Ist

"Kita sudah tahu kualitas Mas Gibran. Tidak mungkin kita mendukung jika tidak punya keyakinan itu. Namun, orang-orang yang tadinya meremehkan bahkan kerap mengeluarkan ujaran bernama penghinaan, semua dibuat terdiam. Ini jauh di atas ekspektasi mereka," ujar tokoh masyarakat Sumut, Dr RE Nainggolan, MM, di sela acara rutin Senam Gemoy Sabtu Ceria di halaman Sekretariat Nusantara Untuk Jokowi (N4J), Sabtu pagi (23/12/2023). RE sendiri adalah Ketua DPP N4J sekaligus pembina gabungan 45 relawan pendukung Prabowo Gibran.


Secara khusus RE menyoroti fokus dan cemerlangnya Gibran memaparkan pentingnya membangun generasi muda yang memiliki keterampilan masa depan atau 'future skills' untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.


"Saya yakin, anak-anak muda yang tadinya ragu, sekarang jadi yakin 100% bahwa Mas Gibran adalah representasi mereka, wakil generasi muda yang melek teknologi dan berorientasi ke masa depan," papar mantan Sekdaprovsu itu.


Menurutnya, hanya Gibran yang secara spesifik punya komitmen mengembangkan talenta-talenta digital yang mumpuni, seperti ahli AI, ahli kripto, ahli blockchain, dll. Hilirisasi yang saat ini sudah dilakukan Presiden Joko Widodo akan diteruskan dan diperluas jangkauannya.


"Sekarang semua menjadi jelas. Jika ingin hilirisasi berlanjut, jika mau Indonesia berhenti menjual komoditas mentah dengan harga murah tanpa nilai tambah, Prabowo Gibran adalah pilihan paling masuk akal," paparnya.


RE mengakui, yang membuat dirinya semakin kagum, Gibran tidak sekadar berbicara tentang hilirisasi di sektor tambang, tetapi juga pertanian, perikanan, dan hilirisasi digital. "Luar biasa. Mas Gibran benar-benar menguasai panggung, dan dengan segala hormat ke Pak Mahfud dan Cak Imin, saya 100% yakin Gibran memenangi debat tadi malam," katanya.


Memukau Netizen

Gibran memang membuat banyak orang terkejut. Kandidat yang tadinya banyak diragukan itu, tampil dengan percaya diri dan tampak sangat menguasai persoalan yang menjadi tema debat.


Selain hal di atas, Gibran juga menyinggung pentingnya untuk memperkuat keamanan siber, memberantas pinjol ilegal dan judi online, serta memperketat regulasi e-commerce.


Gibran ingin menyetop berbagai praktik yang merugikan UMKM lokal, seperti price dumping, shadow banning, dan cross border selling yang tak sesuai regulasi.


Anak sulung Presiden Jokowi tersebut agaknya memiliki fokus untuk mengembangkan UMKM dan talenta digital. Selain itu, ia juga berkomitmen untuk meneruskan proyek IKN yang menjadi salah satu program andalan Jokowi.


Performa Gibran selama debat perdana cawapres 2024 membuat netizen terkaget-kaget. Pasalnya, Gibran merupakan cawapres termuda dan pengalaman politiknya terbilang masih 'hijau' di antara dua kandidat lainnya.


Tetapi, banyak netizen yang mengakui keandalan Gibran dalam memaparkan gagasannya, serta menjawab pertanyaan yang diberikan.


Pantauan hingga Sabtu pagi, topik 'Gibran' merajai jejeran trending di X (Twitter), dan berbagai platform media sosial lainnya.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama