Rocky Gerung Sebut Gibran Unggul Dibandingkan Mahfud MD di Debat Cawapres

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Pengamat politik, Rocky Gerung menilai posisi calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka lebih unggul dibandingkan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD dalam debat cawapres 2024 yang akan digelar pada Jumat (22/12/2023) mendatang. 


Gibran Rakabuming Raka. Ist

Rocky Gerung menilai saat ini Mahfud MD tidak mengetahui banyak karakter seorang Gibran. Sedangkan, Gibran, kata dia, justru dapat bertanya segala informasi mengenai Mahfud MD kepada sang ayah, Presiden Jokowi.


“Jadi yang bermasalah sebenarnya adalah Mahfud MD, nanti dia mau ngomong apa coba. Karena Gibran bilang ‘eh lu anak buah bapak gua, gua tahu yang lu kerjain’, jadi Gibran bisa memenangkan perdebatan dengan Mahfud,” kata Rocky Gerung dikutip dalam kanal YouTube Rocky Gerung Official.


Saat ini, kata Rocky Gerung, Mahfud MD sedang berupaya mencari cara menghadapi Gibran saat debat cawapres 2024 nanti. Pasalnya, informasi terkait Gibran masih minim didapat oleh Mahfud MD.


“Mahfud sekarang lagi berupaya belajar bagaimana cara menghadapi Gibran. Informasi Gibran tentang Mahfud lebih banyak daripada informasi Mahfud tentang Gibran, itu masalahnya,” tandas Rocky Gerung.


Merespons hal tersebut, Mahfud MD menegaskan dirinya siap menghadapi debat cawapres 2024 meski saat ini dirinya belum mengetahui materi apa yang akan ditanya nanti.


“Siap saya debat. Tapi kalau ditanya materinya ya ndak tau, pokoknya saya datang, mau ditanya apa, saya jawab, siap saya,” ungkap Mahfud kepada awak media, di Kota Serang, Selasa (19/12/2023).a


Saat disinggung terkait pernyataan Rocky Gerung yang menyebut dirinya justru akan kesulitan menghadapi Gibran dalam debat, Mahfud pun enggan berkomentar banyak hingg memilih untuk berlalu pergi.


“Saya ndak pernah dengarkan Rocky Gerung,” singkatnya sambil pergi.


Diketahui, debat cawapres ini akan berlangsung di Jakarta Convention Center pada Jumat (22/12/2023), mulai Pukul 19.00 WIB. Debat kedua merupakan debat antara cawapres, yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD. 


Debat kedua ini mengangkat tema terkait ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.


Debat akan dipandu oleh 2 moderator, Alfito Deannova Ginting dan Liviana Cherlisa. KPU juga susah menetapkan 11 panelis debat cawapres, yakni A Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020), Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember), Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 2015-2023).


Fauzan Ali Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung), Hendri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Indonesia), Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik Institut Pemerintahan Dalam Negeri IPDN), Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM), Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025), Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro), Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta) dan Yose Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS).


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama