Begini Profil Keren dan Agama Prabowo Subianto, Capres 2024 yang Punya Segudang Pengalaman

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Profil dan agama Prabowo Subianto Kembali menjadi sorotan kala dirinya mencalonkan diri lagi sebagai Calon Presiden nomor urut 2 bersama Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilu 2024 mendatang.


Prabowo Subianto. Ist

Prabowo Subianto diketahui lahir di Jakarta pada 17 Oktober 1951, adalah putra dari Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar. Ia memiliki dua kakak perempuan, Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati, serta seorang adik laki-laki, Hashim Djojohadikusumo.

 

Calon Presiden nomor urut 2 ini kemudian menikah dengan Siti Hediati Hariyadi, putri Presiden Soeharto, dan memiliki seorang anak bernama Ragowo Didiet Hediprasetyo.

 

Kehidupan awal Prabowo dipenuhi dengan perpindahan ke berbagai negara karena tugas ayahnya, mempengaruhi pendidikannya yang berlangsung di Hongkong, Malaysia, Swiss, dan Inggris.

 

Pada usia 16 tahun, ia kembali ke Indonesia dan mulai terlibat dalam aktivitas sosial bersama ayahnya, seorang ekonom terkemuka dan aktivis sosialis. Ia bahkan turut mendirikan LSM pertama di Indonesia, Lembaga Pembangunan, dan memulai jaringan sosial yang sebelumnya dibangun oleh orang tuanya.

 

Pada tahun 1970, Prabowo memilih untuk mengejar karier di militer dan bergabung dengan Akademi Militer Nasional di Magelang, meninggalkan kesempatan belajar di AS.

 

Setelah lulus pada tahun 1974, ia bergabung dengan Kopassus TNI, menaikkan namanya sebagai komandan militer terkemuka. Ia menjadi kepala Kopassus pada 1996-1998, di puncak kekuasaan mertuanya, Presiden Soeharto.

 

Karier militernya berkembang hingga menjadi Panglima Kostrad pada 1998, namun tak lama setelah itu, ia dipindahkan posisinya karena pergolakan politik dan akhirnya pensiun dari militer. Prabowo kemudian menghabiskan waktu di Yordania dan Jerman, fokus pada bisnis bersama adiknya sebelum kembali ke Indonesia.

 

Dalam perjalanannya di dunia politik, Prabowo sempat mencoba mencalonkan diri sebagai presiden melalui konvensi Partai Golkar pada 2004, menjadi Ketua Umum HKTI, dan mendirikan Partai Gerindra pada 2008.

 

Meski belum berhasil dalam beberapa upaya pemilihan presiden, partainya menunjukkan peningkatan suara yang signifikan. Pada 2019, meskipun kalah dalam pemilihan, ia diangkat menjadi Menteri Pertahanan oleh Presiden Jokowi.

 

Dirinya pun kembali mencalonkan diri sebagai Calon Presiden 2024 dan kali ini berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka, anak dari Presiden Jokowi.

 

Sementara itu, Prabowo Subianto, juga dikenal sebagai sosok yang memiliki latar belakang agama yang kuat. Meskipun berasal dari keluarga dengan latar belakang agama yang beragam, agama Prabowo ternyata adalah Islam.

 

Ia juga rajin membina hubungan dengan ulama dan tokoh-tokoh agama Islam, memperlihatkan keterlibatannya yang aktif dalam kegiatan-kegiatan keislaman.

 

Keterlibatan ini mencerminkan keyakinan dan praktik agama Prabowo yang menjadi bagian integral dari kehidupan pribadi dan publiknya.

 

Dengan semangat nasionalisme yang tinggi, Prabowo Subianto pun berkomitmen untuk membuat Indonesia disegani dan menjadi tuan di negeri sendiri.

 

Demikianlah ringkasan singkat mengenai agama Prabowo Subianto, beserta dengan profilnya.


Kategori : News


Editor      : AHS


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama