Kabupaten Bekasi Masih Unggul di Sektor Industri Manufaktur

BEKASI, suarapembaharuan.com - Kabupaten Bekasi masih unggul di sektor industri manufaktur untuk menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Memiliki kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, Kabupaten Bekasi terdapat sekitar 7.600 perusahaan yang tersebar di 12 kawasan industri serta menjadi pusat industri manufaktur di koridor timur Jakarta. 


Foto: Kabupaten Bekasi miliki kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. (Ist)

“Kawasan industri masih menjadi keunggulan Kabupaten Bekasi dengan industri manufakturnya,” kata Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Minggu (21/1/2023).


Keunggulan Kabupaten Bekasi ini menjadi berkah bagi masyarakat, terutama dalam hal mencari lapangan pekerjaan.


Potensi lainnya mulai dikembangkan. Pemkab Bekasi sejak kepemimpinan Bupati Neneng Hasanah Yasin mulai mengembangkan wisata industri pada 2018 lalu. Dengan konsep ini, menjadikan kawasan industri sebagai destinasi wisata bagi para murid sekolah, mahasiswa atau bahkan masyarakat umum. 


Konsep wisata industri ini, kemudian digencarkan lagi oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan pada Mei 2023 dengan melibatkan pengusaha penginapan/hotel, perusahaan travel hingga pengusaha penyedia oleh-oleh khas Bekasi.


“Perpaduan kawasan industri dan wisata industri bisa menjadi yang terbesar di Indonesia. Masyarakat tidak hanya menjadi penonton tetapi juga merasakan dampak pertumbuhan ekonominya,” imbuhnya.


Meski begitu, kata dia, masih banyak persoalan yang perlu dibenahi di kawasan industri Kabupaten Bekasi mulai dari infrastruktur jalan, saluran air, penerangan jalan umum, peningkatan keterampilan tenaga kerja lokal dan sebagainya. 


Persoalan ini, tak akan tuntas secara maksimal apabila dikerjakan oleh kepala daerah yang hanya berstatus sebagai Pj Bupati, dengan masa jabatan per satu tahun. 


Masyarakat berharap, Dani Ramdan yang masih menjabat sebagai Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat, ikut menyemarakkan kontestasi dalam Pilkada Kabupaten Bekasi 2024 mendatang. Tentunya, sebagai kontestan yang bertarung dalam perhelatan yang diselenggarakan lima tahunan tersebut. (MAN) 


Kategori : News


Editor      : ARS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama