Kapolri dan Panglima TNI Siap Wujudkan Pemilu Damai 2024

JAKARTA, suarapembaharuan.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Deklarasi Pemilu Damai dan Silaturahmi Nasional Ormas Islam dan Majelis Agama yang digelar di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (16/1/2024).


Ilustrasi

Deklarasi Pemilu Damai ini diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), diikuti 87 organisasi lintas agama dan majelis agama di bawah naungan MUI dengan mengangkat tema “Mengawal Pemilu Damai, Jujur, Adil, Bermartabat”.


“Saya bersama Panglima TNI menghadiri Silaturahim Nasional Ormas Islam dan Majelis – Majelis Agama di Grand Sahid Jaya, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tema Mengawal Pemilu Damai, Jujur, Adil dan Bermartabat yang dihadiri oleh Tokoh Ormas Islam dan Tokoh Lintas Agama.” Ungkap Kapolri dalam akun instagramnya @listyosigitprabowo, Rabu (17/1).

 

Kapolri menyampaikan bahwa TNI-Polri bersama stakeholder terkait dan seluruh elemen bangsa bersedia berkomitmen untuk memperkuat sinergisitas demi menjaga semangat persatuan dan kesatuan, guna mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai.


“Pada kesempatan ini juga digelar Deklarasi Pemilu Damai, Jujur, Adil dan Bermartabat oleh seluruh peserta silaturahim. Untuk itu TNI-Polri bersama stakeholder terkait serta segenap elemen bangsa siap berkomitmen memperkuat sinergisitas guna menjaga semangat persatuan kesatuan dalam wujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai sehingga terwujud Visi Indonesia Emas 2045 sebagai cita-cita kita bersama.” kata Jendral Bintang Empat itu.


Sementara itu Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Anwar Iskandar mengingatkan pentingnya menjaga persatuan bangsa jelang pesta Pemilu 2024.


“Hari ini MUI mengadakan Silaturahim Nasional seluruh pimpinan ormas Islam dan tokoh-tokoh agama di Indonesia. Harapannya kegiatan ini dapat mempererat persatuan jelang pemilu,” Jelasnya.


Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Anwar Iskandar memimpin Deklarasi Pemilu Damai yang diselenggarakan dalam Silaturahim Nasional. Dalam deklarasi tersebut, sejumlah tokoh perwakilan dari ormas Islam, majelis-majelis agama, KPU, Bawaslu, TNI serta Polri turut membacakan deklarasi yang dikomandoi Kiai Anwar.


Deklarasi Pemilu Damai ini, memuat 7 poin utama di dalamnya yaitu:


1. Berkomitmen untuk menjaga dan mengawal proses demokrasi, sesuai tahapan Pemilu 2024 agar berjalan dengan aman, damai, jujur, adil dan bermartabat.


2. Mengajak semua komponen bangsa untuk berpartisipasi aktif mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.


3. Mengajak seluruh Warga Negara Indonesia yang memiliki hak pilih untuk menggunakan haknya dengan penuh tanggung jawab.


4. Mengajak semua pihak untuk ikut aktif melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap setiap tahapan pelaksanaan Pemilu agar berjalan sesuai aturan, berlangsung secara aman, damai, jujur, adil dan bermartabat.


5. Mengajak semua Pemangku Kepentingan, Paslon, Timses, Parpol dan Elite Politik untuk bersikap sportif dan taat azas dalam berkampanye dengan tidak menjadikan konten agama dan SARA sebagai bahan kampanye negatif dan bahan candaan.


6. Mendesak seluruh komponen bangsa baik Pemerintah, peserta Pemilu maupun masyarakat untuk menerima hasil Pemilu yang dilaksanakan dengan Netral, jujur, adil dan bermartabat.


7. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjadikan Pemilu sebagai pesta demokrasi yang menjunjung perbedaan pilihan, namun tetap menjaga persaudaraan dan persatuan.


Kategori : News


Editor      : ZHR

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama