Mengenal Lebih Dalam Anak Gibran Rakabuming Raka yang Lucu dan Menggemaskan

JAKARTA, suarapembaharuan.com - Masyarakat umum selalu penasaran dengan sisi pribadi dan keluarga dari tokoh-tokoh terkemuka.


Gibran Rakabuming Raka. Ist

Salah satu yang menarik perhatian publik adalah kehidupan keluarga Gibran Rakabuming Raka, terutama ketika Ia terpilih menjadi Calon Wakil Presiden dalam Pilpres 2024 mendampingi Prabowo Subianto.


Seperti yang diketahui, Gibran memiliki 2 buah hati dari pernikahannya bersama Selvi Ananda. Kedua anak tersebut memiliki nama Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.


Ketika ditanyakan inspirasi dari nama kedua anaknya tersebut, Gibran menjelaskan bahwa nama kedua buah hatinya tersebut berasal dari dirinya dan sang istri.


"Namanya anak-anak saya ya dari saya dan istri, Jan Ethes, Lembah, semuanya dari saya dan istri," kata Gibran dalam unggahan video di akun TikTok pribadinya pada Senin (22/11/2021).


Gibran menyatakan bahwa dia berkeinginan agar nama-nama tradisional Jawa tetap dikenang dan diberikan tempat yang layak. Ia memberikan contoh bahwa saat ini, dalam daftar nama di sekolah-sekolah, jarang terdapat nama-nama asli Jawa.


"Jika Anda lihat daftar nama, sekarang jarang sekali ada nama-nama asli Jawa atau nama-nama yang berasal dari Solo. Mayoritas adalah nama-nama yang lebih modern," tambahnya.


"Ini bukan berarti nama-nama modern buruk, namun kami ingin menghindari situasi di mana anak-anak dengan nama 'Slamet atau Bambang' bisa menjadi objek pelecehan dengan sebutan 'itu nama desa', yang tentunya sebaiknya tidak terjadi. Padahal, nama-nama Jawa memiliki makna yang dalam,” imbuh Gibran.


Arti Nama Anak Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming kembali menjelaskan makna di balik nama kedua anaknya. Menurutnya, nama anak sulungnya, Ethes, memiliki arti sebagai orang yang cekatan atau gesit.


"Adapun nama Lembah Manah memiliki makna rendah hati dan lembut. Ini adalah nama-nama asli dari budaya Jawa. Sedangkan, nama Gibran sendiri merupakan singkatan dari gigih dan berani," terang Gibran.


Saat ini, Jan Ethes Srinarendra telah berusia tujuh tahun. Cucu pertama dari Jokowi ini dilahirkan pada tanggal 10 Maret 2016 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo.


Sedangkan La Lembah Manah dilahirkan pada tanggal 15 November 2019. Lembah merupakan cucu ketiga dari Jokowi dan Iriana.


Kelahiran Lembah Manah dilakukan melalui prosedur operasi sesar di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo.


Gibran menjelaskan bahwa makna dari nama Lembah Manah adalah kesederhanaan, sementara "La" adalah singkatan dari "Luwes anakku" yang artinya anak yang mudah beradaptasi, dan "lomo anakku" yang berarti anak yang senang berbagi.


Kategori : News


Editor      : AHS

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama